Pisowanan Agung di Yogyakarta

Sultan Siap Kalah

VIVAnews – Sultan Hamengku Buwono X sudah menyatakan diri maju sebagai Capres dalam Pemilu 2009 sore ini, Selasa 28 Oktober 2008. Dia mengaku siap kalah dalam pertarungan perebutan posisi presiden.

PLN IP Targetkan Perdagangan Karbon Naik 2 Kali Lipat dari 2,4 Juta Ton CO2 di 2023

Nggak ada masalah, nggak perlu kita merasa turun harga diri, merasa wirang [malu], ini demokrasi,” katanya dalam konferensi pers di Keraton Yogyakarta, Selasa 28 Oktober 2008. Hal itu dikatakannya menanggapi keberatan sebagian warga Yogyakarta terhadap rencana Sultan maju sebagai Capres, alasannya bisa menurunkan wibawa keraton jika nantinya kalah.

Sebaliknya, Sultan juga mengaku siap menang. ”Kalau menang, jangan sombong, itu amanah,” katanya.

Gandeng Sejumlah Kampus di Indonesia, Maxnovel Tumbuhkan Minat Baca Melalui Karya Fiksi

Sejauh ini, Sultan mengaku belum memilih partai.”Bagi saya dukungan siapapun dari parpol dimungkinkan,” katanya. Dia mengatakan tak akan maju sebagai sebagai calon independen, karena hal itu belum disahkan Undang Undang.

Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (Soksi), salah satu organisasi sayap Golkar, jauh-jauh hari sudah mencalonkan sultan sebagai presiden. Partai Republikan juga menyatakan siap mendukung sultan dalam pemilihan presiden 2009.

Vespa World Days 2024 Pecahkan Rekor di Pontedera

Soal wakil presiden, Sultan mengaku belum memutuskannya. Alasannya, ”Saya menentukan untuk jadi presiden sore ini,” katanya.

Sultan telah mengumumkan secara langsung kesediaannya menjadi Capres di depan ribuan warga Yogyakarta dalam acara Pisowanan Agung atau rakyat menghadap raja di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Laporan:Michelle/Yogyakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya