Ganti Minyak Sawit, PLN Hemat 7 Juta KL BBM

VIVAnews - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) bisa menekan penggunaan bahan bakar jenis high speed diesel (HSD) 7 juta kiloliter, jika penggunaan HSD pada pembangkitnya diganti dengan bahan bakar nabati (BBN).

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia


Direktur Jawa, Madura, dan Bali Murtaqi Syamsuddin mengatakan, melalui pencampuran 5 persen pada HSD, pembangkit akan menyerap biodiesel 350 juta KL. "PLN dan Pertamina sudah membicarakan masalah ini," ujar dia, kepada VIVAnews di Jakarta, Rabu 29 Oktober 2008.

Dia mengatakan, PLN telah mengoperasilan pembangkit dengan kapasitas 96 Megawatt (MW) yang menggunakan BBN. Pembangkit itu tersebar di Sumatera, Kalimantan, Nusa Tenggara, Maluku.

Sementara itu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro mengatakan, pemerintah bekerjasama dengan perusahaan dari Jerman, Neaue Maschinenbau Halberstadt GmbH (NMBH), untuk memasang mesin pengalihan dari diesel ke minyak sawit (CPO) di PLTD Dumai, Riau dengan kapasitas 10 MW.

"PLTD Dumai menjadi pembangkit pertama di Asia yang dioperasikan dengan bahan bakar minyak sawit," ujarnya.

Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024