Masyarakat Mulai Sensitif Terhadap Berita

VIVAnews - Jumlah pengaduan kepada dewan pers selama sembilan tahun terus meningkat. Gejala ini menunjukkan bahwa masyarakat mulai sensitif terhadap pemberitaan media massa.

"Ini juga menggembirakan, karena masyarakat mengikuti prosedur yang benar dengan melapor ke dewan pers sebelum ke pengadilan," kata Ketua Dewan Pers Ichlasul Amal dalam Refleksi 9 Tahun Kemerdekaan Pers di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Kamis, 30 Oktober 2008.

Namun, Ichlasul juga menyayangkan adanya tren peningkatan pengaduan masyarakat. Itu artinya, lanjut Ikhlasul, menunjukkan pers Indonesia belum dewasa dan ada dugaan melanggar kode etik jurnalistik. Masalah lain yang ada di hadapan Dewan Pers yakni soal inventarisasi jumlah media yang ada di Indonesia.

"Tidak berhasil, karena tidak ada respons dari pemilik. Juga banyak surat kabar yang hidupnya tidak lama. Hanya beberapa bulan dan beberapa hari," ujar mantan Rektor Universtias Gajah Mada Yogyakarta ini.

Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool
VIVA Militer: Serangan rudal Iran menghantam pangkalan udara militer Israel

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Serangan mengejutkan dari Iran sebagai balasan terhadap Israel yang menyerang pangkalan militer Iran di Damaskus, Suriah, membuat dunia terkejut sekaligus meningkatkan es

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024