Bank Sentral AS Bantu Singapura US$ 30 Miliar

VIVAnews - The Federal Reserve, bank sentral Amerika akan memberi pinjaman kepada bank sentral empat negara, seperti Singapura, Meksiko, Korea Selatan dan Brazil. Pinjaman ini diberikan agar negara-negara ini bisa menangani krisis global.

Jokowi Adakan Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

The Fed akan menyiapkan US$ 30 miliar kepada setiap bank sentral lewat program swap arrangement. Lewat program ini The Fed akan memasok dolar untuk cadangan devisa negara-negara tersebut.

Fasilitas bantuan ini berupa pinjaman jangka pendek dalam bentuk penukaran mata uang asing (foreign exchange swap) yang bertujuan untuk memperkuat cadangan devisa negara-negara tersebut.

4 Jenderal Polri Kompak Bareng Wartawan dan Polwan Sebar Kebaikan di Bulan Ramadan

"Langkah The Fed dan IMF ini menunjukkan dukungan kuat internasional terhadap negara emerging market (pasar yang tumbuh) yang terkena imbas krisis keuangan global," ujar Sekretaris Treasury Amerika Serikat, Henry Paulson di Washington.

Krisis keuangan global telah mengancam banyak negara. Negara-negara yang menjadi korban krisis finansial kini mulai antre menyerbu Dana Moneter Internasional (IMF) guna meminta bantuan pinjaman.

Beberapa negara sudah mendapatkan komitmen untuk di-bail out oleh IMF, seperti Islandia, Ukraina, Pakistan, Hungaria, dan Polandia.

Sedangkan, beberapa negara lain tampaknya bakal menyusul, seperti Belarusia, Serbia, Rumania, Brazilia dan Turki. Mereka sudah mulai mengontak IMF untuk menjajaki kemungkinan bantuan.

(AP)

Kenang Sosok Almarhum Sopyan Dado Semasa Hidup, Keluarga Ungkap Hal Ini
Bea Cukai musnahkan ratusan ballpress pakaian bekas

Bea Cukai Musnahkan Pakaian Bekas Bernilai Ratusan Juta di Yogyakarta

Bea Cukai Yogyakarta musnahkan ratusan ballpress pakaian bekas hasil penindakan di salah satu gudang PT KOOC Kreasi.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024