Ponsel Pintar

iPAQ 912, Ikon Lengkap Ponsel Bisnis

Jejeran ponsel pintar yang beredar saat ini semakin beragam. Dari hari ke hari sejumlah ponsel pintar diluncurkan dengan penyempurnaan fitur-fitur seri sebelumnya atau milik kompetitor. Begitu pula, HP yang hari ini meluncurkan ponsel cerdas 3G HSDPA terbaru, iPAQ 912 Series Business Messenger.

Ganjar Tak Datang saat Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Capres-Cawapres Terpilih

Ponsel yang mengedepankan teknologi 3G HSDPA dan aplikasi PUSH untuk host e-mail ini dapat dibilang penyempurnaan teknologi pada seri iPAQ sebelumnya, iPAQ 612 Business Navigator.

"Meskipun serupa, masing-masing berada di segmen yang berbeda. iPAQ 612 yang diluncurkan lebih dulu lebih menonjolkan fungsi navigasi, seperti GPS. Sedangkan iPAQ 912 mengedepankan fungsi bisnis meliputi papan ketik QWERTY dan mampu sinkronisasi berbagai aplikasi perusahaan dan bisnis," tutur Angeline Yuwono, Market Development Manager  Handheld PT Hewlett-Packard Indonesia, saat di temui di Jakarta, Kamis, 18 September 2008.

Mobil Bekas di Bawah Rp100 Juta: Ada MPV Mewah dan Hatchback Keren

Karena itu, kata Angeline, prosesor yang dibenamkan pada iPAQ 612 relatif lebih cepat dibanding iPAQ 912. "Karena fungsi navigasi membutuhkan lebih banyak proses file gambar, jadi prosesor yang dibutuhkan cenderung lebih cepat," ucapnya.

Namun begitu, HP iPAQ 912 Business Messenger memiliki desain yang lebih stylish dan fungsional. Selain dilengkapi papan ketik QWERTY alfanumerik untuk mempercepat pengetikan, iPAQ 912 juga memiliki teknologi layar sentuh dan tombol navigasi lima arah.

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

Sementara itu, fitur-fitur Cyberon Voice Commander dan HP Voice Reply yang sudah terpasang memungkinkan dilakukannya hands-free emailing dan beragam perintah lainnya.

Menariknya, keseluruhan aplikasi mobile dapat terwujud karena iPAQ 912 memakai sistem operasi Microsoft Windows Mobile 6.1, seperti mobile e-mail, komunikasi suara, Yahoo!Messenger dan Live Messenger, atau aplikasi berbasis Java lainnya. "iPAQ 912 merupakan solusi yang dapat disesuaikan dengan setiap individual," ujar Tommy Hartono, Account Technology Specialist, Enterprise and Partners Group, Microsoft Indonesia.

Kali ini, HP juga bekerja sama dengan PT Infinys System Indonesia sebagai penyedia aplikasi PUSH yang mengadopsi teknologi Microsoft Exchange Server 2007. PUSH yang menggunakan Direct Push Technology dari Microsoft memudahkan pengguna iPAQ 912 Series Mobile Messenger dalam mengakses e-mail, semudah mereka menerima SMS, secara real-time  dan aman.

"Tidak hanya aktivitas e-mail, PUSH juga dapat menyuguhkan sinkronisasi contact, share kalender, dan mendelegasi tugas-tugas," terang Louis Harry, Director PT Infinys System Indonesia, di tempat yang sama. "Yang tidak kalah menarik adalah fitur remote wipe, sebuah penghapusan data pengguna apabila ponselnya dicuri. Cukup dengan menghapus data melalui akses Outlook Web Access maka data-data penting dan personal dapat dihapus dari jarak jauh," urainya.

Untuk konektivitas, HP tidak tanggung-tanggung memperkaya fitur perangkat barunya ini. Tidak hanya teknologi nirkabel triband UMTS/HSDPA, HP juga mengadopsi quad-band GSM/GPRS/EDGE untuk koneksi yang lebih baik. Sementara teknologi nirkabel Bluetooth dan Wi-Fi 802.11 b/g terintegrasi dengan pengaman WPA hadir mempermudah konektivitas.

Di samping itu, ponsel yang memiliki kapasitas SDRM sebesar 128 megabyte dan flash ROM sebesar 256 megabyte ini juga dilengkapi sejumlah fitur-fitur multimedia, seperti kamera tiga megapiksel yang "bersahabat" dengan HP Photo Smart dan layanan foto online Snapfish.

Di Indonesia sendiri, HP juga bekerja sama dengan PT Excelcomindo Pratama (XL) untuk penyelenggaraan koneksi internet pita lebar 3G. Pengguna iPAQ dimungkinkan mengakses internet 3G XL selama satu tahun secara gratis, dengan quota 250 megabita per bulannya. Tidak hanya itu, HP juga memberikan nomor XL gratis secara cuma-cuma senilai Rp 2 juta.

Menyempurnakan sepaket satu perangkat HP iPAQ 912 Business Messenger, HP memberikan micro SD berkapasitas 1 gigabyte untuk memori ekstra.

HP iPAQ yang tersedia mulai 18 September 2008 dijual dengan harga sekitar Rp 5.990.000 per unitnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya