Perlukah Mengganti Alat KB?

VIVAnews - Banyak jalan untuk menunda atau mencegah kehamilan. Salah satu pilihannya adalah menggunakan alat kontrasepsi. Saat ini, bisa dibilang, semua alat KB yang tersedia relatif aman, meski tetap ada kekurangan dan kelebihannya. Tapi, apakah Anda sudah cocok dengan alat KB pilihan Anda?

Menurut Elizabeth McGee, M.D., asisten Profesor dari spesialis kandungan dan kebidanan dari Universitas Pittsburgh, berikut, sejumlah alasan untuk mempertimbangkan kembali metode kontrasepsi yang berbeda dari sebelumnya,

1.  Khawatir terhadap efek samping
Belakangan, FDA memperingatkan pengguna KB implan, karena bisa meningkatkan kadar estrogen lebih banyak dalam tubuh, ketimbang pil KB, yang bisa meningkatkan risiko tersumbatnya pembuluh darah. (KB Implan masih tergolong aman bagi wanita bukan perokok, kata Dr. McGee). Dan, jika sering menukar merek pil KB kerapkali bisa membantu masalah seperti perut kembung atau mood yang berubah-ubah.

2. Ingin bercinta lebih spontan
Adanya anak-anak di rumah, Anda harus selalu siap menciptakan momen. Anda mungkin bisa memakai spiral atau IUD (Intrauterine Contraceptive Device).

Respon Han So Hee Soal Reaksi Hyeri: Memang Lucu Pacaran Setelah Putus?

Keunggulan spiral dibanding alat KB lain adalah praktis digunakan, biaya cukup murah, dan bisa menghindari faktor lupa menggunakan, yang bisa berakibat pada kehamilan (faktor lupa ini sering terjadi pada pemakaian pil KB atau kondom). Faktor lupa ini bisa terhindari karena spiral ditempatkan di dalam rahim. Tingkat efektivitas spiral untuk mencegah kehamilan adalah 99%.

3. Anda sedang menyusui.
Jenis alat kontrasepsi yang mengandung estrogen dapat menurunkan produksi ASI, jadi sebagai pilihan adalah spiral. Meski mengenakan spiral, produksi ASI tidak akan terganggu. Ini juga berlaku untuk spiral yang mengandung hormon, karena hanya mengandung hormon progesteron yang tidak memengaruhi produksi ASI. Lain halnya dengan pil KB, yang dapat mengganggu produksi ASI karena pil KB mengandung hormon estrogen dan progesteron.

4. Anda pelupa
Apakah Anda sering lupa mengonsumsi pil KB? Alat KB suntik atau spiral bisa jadi pilihan lain. Keuntungan penggunaan suntikan KB, praktis untuk satu kali suntik terlindungi dari kehamilan selama 3 bulan. Sedangkan, spiral bisa dipakai dalam waktu lama. Keunggulannya daya pakainya bisa sampai 10 tahun.

5. Tak ingin menambah momongan
Jika Anda sudah positif tidak ingin punya momongan lagi, Anda bisa memilih KB steril (tubal ligation, atau vasektomi bagi suami). Atau Essure terbaru, yaitu metode yang memasukkan gulungan logam pada tiap saluran telur ketika dalam keadaan terbuka.

Ketua Tim Pembela Demokrasi dan Keadilan (TPDK) Ganjar-Mahfud Todung Mulya Lubis

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK

Ketua Tim Hukum pasangan calon Presiden Ganjar Pranowo dan calon Wakil Presiden Mahfud MD, Todung Mulya Lubis mengungkap alasan Risma hingga Sri Mulyani dihadiri di MK.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024