S60 Concept

Karya Artistik Seniman Volvo

VIVAnews – Sebuah karya menakjubkan bakal ditampilkan Volvo untuk memeriahkan ajang Detroit Motor Show, Januari 2009 mendatang. Yakni Volvo S60 Concept. Bersama perusahaan pembuat kaca asal Swedia, Orrefors, Volvo akan membenamkan model produk terbarunya itu dengan konsol tengah berbahan dasar kristal hand made.

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi

Desain dari konsol tengah yang tembus pandang ini terbentuk seperti aliran air yang menghubungkan panel instrumen hingga ke sandara kursi belakang. Bahkan, Direktur Desain Volvo Steve Mattin menjelaskan, apa yang ada pada produknya itu merupakan hasil dari imajinasi dan kretivitas yang tak berbatas. Yakni bagaimana mengadopsi secara penuh desain Skandinavia ke dalam karyanya itu.

Konsol transparan itu sendiri didudukkan di atas bantalan karet. Sorotan cahaya dari sumber cahaya yang tersembunyi, diseting untuk memunculkan cahaya anggun kristal untuk memberikan sensasi kepada pengendara. ”Area kaca atau gelas yang luas adalah bagian terbesar dari desain arsitektur modern Swedia," kata Mattin.

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel

Tak sedikit waktu dan tenaga yang dibutuhkan para ahli di Orrefors merancang konsol unik ini. ”Bentuk gelombang dan sedikit lekukan serta persyaratan dimensional yang tepat, adalah dua tantangan menarik yang harus kita hadapi," ungkap manajer desain Orefors Gunilla Arvidsson.

Kristal, lanjut Arvidsson, adalah materi hidup yang dibentuk oleh orang yang hidup pula. ”Kami tidak terbiasa bekerja dengan toleransi sepersepuluh millimeter sekalipun. Lebih lagi, kita bicara soal lembaran kaca yang besar di sini,” katanya.

Jalan Salib Kolosal di Ruteng Ikut Dijaga Remaja Muslim, Ribuan Orang Menyaksikan

Meski tak ada batasan dalam proses penciptaan, konsep konsol kristal ini disusun dengan begitu detail. Hasilnya seperti yang terlihat: membujur dengan sempurna di samping kursi pengemudi mengarah ke belakang. Pada bagian bawah, 4 kontrol yang ikonik dibuat berputar mencuat dari panel kaca. Sementara ada bagian tengah, terdapat remote control yang bisa dipindah-pindahkan.

Untuk menyesuaikan, bentuk tongkat pemindah transmisi juga dibuat fleksibel, dengan posisi standar horisontal untuk transmisi otomatis. Namun, posisinya juga bisa diubah vertikal untuk kebutuhan manual. Selain pemindah gear, tersedia pula parking brake dan tombol starter di konsol yang juga dilengkapi dua cup holder ini.

”Kami tetap fokus pada safety dan keergonomisan. Dengan letak tombol pengoperasian yang satu level dengan layar navigasi, pengemudi hanya butuh satu gerakan mata horizontal untuk mengetahui sumber informasi yang satu ke yang lain,” ujar Mattin.

Bagi rumah desain Volvo, memburu kerajinan kaca dengan menjelajahi hutan lebat di bagian Selatan Swedia merupakan pengalaman yang mengasyikan. Garis halus dari lini produk Orrefors telah menjadi sumber inspirasi yang nyata bagi kami. ”Sekarang saat yang tepat untuk menggunakan kristal sebagai bahan di dalam mobil konsep,” sambungnya.

Untuk Orrefors sendiri, debutnya sebagai supplier di dunia otomotif memberikan inspirasi kreeativitas baru. “Desain konsol tengah Volvo ini merupakan bentuk produk industri yang artistik sekaligus fungsional. Produk ini secara langsung memberikan inspirasi tentang aplikasi di area yang lain,” timpal Gunilla Arvidsson. Namun, sekadar mengingatkan, konsep ini hanya sebatas konsep. Volvo tidak akan memasukkannya ke dalam produk masal S60 ke depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya