JK: Tradisi Golkar Munas Selalu Awal Oktober

VIVAnews - Ketua Umum Partai Golkar Jusuf Kalla kembali menegaskan niatnya untuk mengembalikan tradisi Partai Golkar agar musyawarah nasional (munas) dilakukan di bulan Oktober.

Namun ada beberapa aturan yang harus direvisi dalam rapat pimpinan nasional yang diadakan 12 - 13 Agustus 2009.

Hal ini diungkapkan Kalla dalam sambutan rapimnas Partai Golkar di DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Rabu malam, 12 Agustus 2009.

Apabila mengikuti Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga, kata Kalla, seharusnya Munas dilakukan di bulan Desember, agar sesuai 5 tahun sekali. Namun perubahan jadwal di bulan Desember itu baru dilakukan pada Munas tahun 2004. "Dan kita ingin mengembalikan ke asal-usulnya, yaitu (munas) di bulan Oktober, menjelang ultah Partai Golkar," kata dia.

Agar tetap dilakukan sesuai aturan, maka Kalla berharap rapimnas dapat memutuskan pengembalian tradisi munas di bulan Oktober. "Karena tidak sesuai AD/ART maka perlu perubahan. Rapimnas untuk mengubah jadwal mengembalikan (munas) ke bulan Oktober," kata dia.

Selain itu, rapimnas ini diharapkan dapat pula mengubah mekanisme pengambilan keputusan menjadi top down. Apabila sesuai rapimnas tahun 2008, maka seharusnya dilakukan Musyawarah Daerah tingkat II terlebih dahulu, menyusul musda tingkat I, hingga munas.

"Kalau mengikuti itu seharusnya Musda tingkat II terlebih dahulu di bulan Agustus, baru tingkat I, kemudian pusat (munas)," kata Kalla.

Karena itu Kalla mengusulkan perubahan hasil rapimnas tahun 2008 dilakukan di rapimnas ini. "(Hasil) rapimnas hanya bisa diubah di rapimnas," ujarnya.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?
Pihak Rusia keluarkan potret pelaku ISIS terorisme di Moskow

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!

Kelompok teroris ISIS baru saja telah merilis sebuah video teror yang mengancam Rusia dan Presiden Vladimir Putin karena menyiksa para anggotanya saat berada di dalam tah

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024