Jelang Puasa

Harga Sembako di Pasar Kebayoran Terus Naik

VIVAnews - Beberapa hari menjelang puasa harga kebutuhan bahan pokok di sejumlah pasar tradisional terus merambat naik. Hal, itu tampak dari pantauan harga VIVAnews di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa 18 Agustus 2009.

Suyatmi 50 tahun, pedagang ayam potong mengakui bila harga penjualan memang terus naik setiap hari sejak sepekan lalu. "Naik terus ini. Seribu setiap hari," ujarnya saat ditemui di Pasar Kebayoran Lama.

Harga ayam potong menurut Suyatmi, pada pekan kemarin masih Rp 16.300 perkilo. Namun, Hari ini sudah naik Rp 17.300 perkilo. Sementara harga ayam perekor mengalami kenaikan Rp 3.000, dari Rp 22.000 menjadi Rp 25.000 perekor.

"Kenaikan harga bukan dikendalikan pedagang. Tapi dari bos (rumah potong) di Bekasi, Parung," ujar Suyatmi lagi.

sementara harga kebutuhan lainya, seperti telor naik Rp 2.000 dari Rp 12.000 ribu menjadi Rp 14.000 ribu. Demikian juga dengan harga gula pasir dari Rp 7.500 menjadi Rp 9.000 rupiah perkilonya.

Harga cabai serta bawang putih juga tak mau ketinggal dan mulai merambat naik. Cabai keriting mengalami kenaikan Rp 2.000 rupiah, dari Rp 8.000 menjadi Rp 10.000.

Sedangkan bawang putih salah satu yang harganya naiki secara signifikan. Dari Rp 8.000 menjadi Rp 16.000.

Arie 27 tahun, pedagang malam hari ini mengakui, kenaikan harga sudah tampak sejak lama.  Menurutnya, sejumlah pedagang memang telah menimbun persedian barang untuk mengantisipasi kenaikan harga yang berlipat.

Sementara menanggapi kenaikan harga kebutuhan pokok, Suwati warga Kebayoran, mengakui kalau kenaikan harga sembako hal yang biasa.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

"Biasa itu, tiap tahun pasti naik. Apalagi mau puasa dan setelah lebaran juga turun lagi," ujar Suwanti.

Dirinya sudah mengantisipasi kenaikan harga tersebut, antara lain dengan menghemat pemakaian bahan pokok seperti mengurangi gorengan untuk hemat minyak.

"Harus lebih iri," ujar ibu dua anak ini.

Sementara Herlina, warga Kompleks Seskoal menanggapi kenaikan harga sembako saat ini masih relatif normal. Namun, dirinya khawatir kenaikan harga akan sangat tinggi menjelang lebaran.

Dari seluruh harga yang mengalami kenaikan, ada beras yang harganya masih normal.

Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024