Pasca Gempa di Sumatera Barat

Terjadi Gempa Vulkanik Mencapai 1.600 Kali

VIVAnews - Pasca gempa tektonik yang melanda Sumatera Barat sejak, Minggu 16 Agustus 2009 berkekuatan 6,9 SR yang diiringi gempa susulan yang mencapai 17 kali berkekuatan di atas 5 SR, status Gunung Talang meningkat menjadi siaga.

Tercatat gempa vulkanik yang terjadi hingga saat ini mencapai 1.600 kali diikuti gempa tektonik hampir sebanyak 700 kali. Sedangkan gempa tremor dilaporkan Pusat Operasi Pengendalian Bencana Sumbar terjadi tanpa henti.

Sebelumnya gunung setinggi 2. 597 meter di atas permukaan laut ini berstatus waspada. Aktivitas vulkanik Gunung Talang yang terletak di Kabupaten Solok, sekitar 40 Km arah Timur Kota Padang, meningkat drastis.

"Status Gunung Talang ditingkatkan menjadi siaga dari sebelumnya waspada," kata Koordinator Satuan Koordinasi Pelaksanaan Penanggulangan Bencana Sumbar Ade Edwar pada VIVAnews, Selasa, 18 Agustus 2009.

Setelah gempa di Mentawai, gejala aktifitas Gunung Talang meningkat drastis dan tercatat gempa volkanik dalam dan dangkal mencapai 280 kali.

Gunung yang berada di Nagari Batu Beras, Kayu Aro, Kabupaten Solok ini, tercatat pernah meletus sebanyak lima kali dan terakhir tahun 2005 lalu. Saat itu, sebanyak 27.000 penduduk yang berada di kaki gunung terpaksa dievakuasi. Gunung Talang meletus pada tahun 1803, 1833, 1945, 1983.

Laporan: Eri Naldi | Padang

Rapikan Kabel Fiber Optik Semrawut di Tangsel, Ini 5 Titik yang jadi Sorotan Pemkot
Tangkapan layar video viral remaja aniaya pelajar SMP di Makassar.

Remaja yang Viral Keroyok Pelajar SMP di Makassar Ditangkap, Ada 5 Pelaku Masih Dibawah Umur

Polrestabes Makassar, Sulawesi Selatan menangkap lima pelaku pengeroyokan terhadap seorang pelajar SMP. Kelima pelaku itu terbilang masih dibawah umur. Aksi mereka viral.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024