Eksekusi Mati Amrozi Cs

Tiang Eksekusi Sudah Disiapkan

VIVAnews – Kapan eksekusi mati tiga terpidana mati Amrozi, Ali Ghufron dan Imam Samudra di Nusakambangan belum ada yang tahu. Tapi, ada pemandangan baru di daerah Nirbaya, salah satu lokasi di Pulau Nusakambangan. Tiga tiang setinggi sekitar dua meter baru dipasang berjajar di sana.

Kubu Ganjar-Mahfud Tidak Terima Gugatannya ke MK Disebut Salah Sasaran oleh KPU

Tiang itu, kata sejumlah sumber di Cilacap, baru didirikan petugas Nusakambangan pada Selasa 4 November 2008. Tapi, sampai sekarang, tidak ada yang tahu apa kegunaan tiang tadi. Tiang-tiang itu berderet sejajar.  Satu tiang dengan tiang lainnya berjarak lima meteran.

Lokasi Nirbaya letaknya sekitar enam kilometer sebelah selatan Lembaga Pemasyarakatan Batu, tempat di mana tiga terpidana mati serangan bom Bali I ditahan. Lokasi ini, jaman Belanda dulu, merupakan tahanan khusus. Tapi, setelah Belanda pergi dari Indonesia, fungsi lokasi itu diubah.

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK

Beberapa waktu lalu, Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah melakukan survei lahan. Petugas kejaksaan mencari-cari lokasi yang cocok dijadikan area pelaksanaan eksekusi mati.  Salah satu titik yang diteliti ialah lahan Nirbaya.

Konon, terpidana mati perkara penyelundupan narkotika asal Nigeria, Anthony dan Samuel juga dieksekusi di lokasi itu. Jenazah keduanya juga dikubur tempat yang sama.

Yusril Sebut Gugatan 03 Buat Adegium 'Vox Populi Vox Dei' Kehilangan Makna
Ketua MK Suhartoyo, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Momen Ketua MK Semprot Kuasa Hukum KPU yang Puji-puji Hasyim Asy'ari

Menurut kuasa hukum KPU, meski nama Hasyim Asyari disangkutpautkan dengan banyak dugaan pelanggaran tapi proses Pemilu 2024 tetap berjalan lancar.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024