13 Kabupaten di Jawa Barat Rawan Bencana

VIVAnews-Memasuki musim penghujan, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung menyatakan, 50 persen  atau 13 kabupaten/kota di Jawa Barat, rawan bencana alam dan gerakan tanah yang berpotensi menimbulkan longsor.

Adapun sejumlah titik rawan tersebut diantaranya wilayah Bogor, Sukabumi, Cianjur, Bandung,  Garut, Purwakarta, Subang, Sumedang, Tasikmalaya, Ciamis, Majalengka, Kuningan dan Cirebon.

Menurut Kepala PVMBG Surono, kerawanan tersebut selain diakibatkan oleh faktor tofogarafi wilayahnya yang banyak terdapat pegunungan dan perbukitan dengan lereng terjal, juga dipicu oleh curah hujan.

"Mejemen air yang tidak baik mengakibatkan tanah yang rentah pergerakan terjadi longsor. Daerah itu diantaranya yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan dan lereng perbukitan," ujarnya.

Besarnya potensi longsor pada musim hujan kali ini tambah Surono, diakibatkan pula oleh perubahan alih fungsi lahan yang ekstrim dan tata lahan yang salah, hingga mengakibatkan kerusakan di kawasan serapan air.

"Kami mengimbau masyarakat mewaspadai bencana longsor  bila terjadi curah hujan cukup tinggi, terutama  warga yang berada di kawasan tebing dan lembah perbukitan," pungkasnya.

Kasus Pelecehannya Jadi Bahan Candaan, Saipul Jamil: Siapa yang Bangga dengan Kejahatan?

PVMBG juga megeluarkan peta rawan gerakan tanah yang dapat diambil oleh pemerintah dan masyarakat untuk mewaspadai terjadinya bencana longsor pada musim penghujan kali ini.

Berdasarkan catatannya Jumlah kasus longsor pada 2007 lalu sebanyak 73 kasus dengan menelan korban jiwa sebanyak 271 orang.

Laporan: Sigit Zulmunir/Bandung.

Menteri PUPR Sebut Operasi 7 Ruas Tol Fungsional Sukses Perlancar Arus Mudik Lebaran 2024
Gedung IDX, Indonesia Stock Exchange (Bursa Efek Indonesia)

Selain Konflik Iran-Israel, BEI Beberkan Faktor Lain Penyebab IHSG Anjlok Pasca-Lebaran

Serangan militer Iran ke Israel telah berdampak pada pasar saham di kawasan Asia, sejak pembukaan perdagangan pada Senin, 15 April 2024 kemarin.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024