Keluarga Baru di Gedung Putih

Anjing Baru Obama Siap Gantikan Anjing Bush

VIVAnews - Dua putri Barack Obama punya alasan lain kenapa mereka bertepuk tangan saat sang Ayah memenangkan pemilihan Selasa malam lalu. Itu karena mereka, Sasha (7) dan Malia (10), sudah membayangkan akan mendapat hadiah anak anjing.

“Sasha dan Malia,” sahut Obama dalam pidato kemenangan di Grant Park Chicago, Selasa tengah malam 4 November 2008 (Rabu siang WIB). “Saya sangat menyayangi kalian berdua, dan kalian bisa membawa anak anjing baru yang akan ikut dengan kita ke Gedung Putih,” lanjut Obama kepada kedua putrinya.

Di lain pihak, Barney dan Miss Beazley siap-siap hengkang dari Gedung Putih, mengikuti keluarga majikannya, George W. Bush, yang akan pensiun sebagai presiden 20 Januari 2009. Bersama Willie si kucing, kedua anjing tersebut setia menemani Bush di Gedung Putih - yang merupakan kediaman resmi sekaligus kantor presiden AS.   

Menurut stasiun televisi CNN, tradisi memelihara hewan oleh keluarga presiden di Gedung Putih sudah berlangsung lama. Keluarga Bush menghabiskan delapan tahun kehidupan mereka di Gedung Putih bersama dengan seekor kucing, seekor anjing spaniel Inggris dan dua ekor anjing terrier asal Skotlandia. Bahkan, peliharaan keluarga Bush tersebut dibuatkan halaman khusus di situs internet presiden.

Sebelumnya pada dekade 1990-an keluarga Presiden Bill Clinton memelihara dua binatang peliharaan yang tidak pernah akur. Seekor kucing bernama Socks dan seekor anjing Labrador bernama Buddy.

Presiden Harry Truman pernah mengatakan, “Kalau kamu ingin punya teman di Washington, peliharalah seekor anjing.” Semenjak saat itu, hewan peliharaan dengan berbagai jenis, bentuk, dan ukuran, berdatangan di Gedung Putih.

Thomas Jefferson memelihara dua beruang berwarna keabu-abuan di kandang di halaman Gedung Putih. Sementara John Quincy Adams kabarnya pernah mengizinkan buaya peliharaannya mandi di bathtub di dalam Gedung Putih.

Calvin Coolidge selalu mengalungkan ikatan di leher rakun peliharaannya. Putra Theodore Roosevelt mengawal kuda poni mereka naik lift untuk menghibur saudaranya yang sedang sakit. Dan mungkin  yang paling luar biasa adalah Martin Van Buren yang sempat memiliki dua anak macan pemberian Sultan dari Oman.

Binatang peliharaan terkadang membawa pengaruh baik bagi citra presiden. Namun, ada juga yang justru mengurangi popularitas presiden. Para pencinta binatang melancarkan protes ketika Lyndon B. Johnson mengangkat dua anjing pemburu mungil ke dekat telinganya hanya supaya para juru foto mendapat sudut pemotretan yang lebih baik.

Di sisi lain, mendiang presiden Richard Nixon sukses membela diri lewat pidato “Checkers Speech” yang terkenal. Nixon pada awal dekade 1970an dicurigai terlibat dalam kampanye ilegal. Nixon mengatakan bahwa satu-satunya hadiah yang pernah dia terima  hanyalah “seekor anjing spaniel pemburu kecil” yang diberi nama Checkers oleh putri Nixon. 

Januari tahun depan, keluarga Obama akan mengukir sejarah sebagai keluarga etnis Amerika-Afrika pertama yang tinggal di Gedung Putih. Kalau Malia dan Sasha mendapat apa yang pernah dijanjikan kepada mereka, para penghuni baru tersebut akan meneruskan tradisi yang telah berlangsung lama, terus mengibaskan ekor.

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow
Sandra Dewi dan Suaminya, Harvey Moeis

Wawancara Lawasnya Jadi Sorotan, Sandra Dewi Ogah Disebut Hidup Bak di Negeri Dongeng

Kehidupan pribadi Sandra Dewi mendadak jadi sorotan pasca penetapan status tersangka suaminya, Harvey Moeis oleh Kejaksaan Agung.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024