99 Atlet Paralayang Pecahkan Rekor Muri

VIVAnews – Momen tanggal 9 bulan 9 tahun 2009 dimanfaatkan 99 penerbang paralayang untuk melakuan terbang bersama atau join flight. Aksi ini berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri).

"Event ini merupakan tempat berkumpulnya para penerbang paralayang Indonesia. Bahkan sudah ada beberapa dari penerbang luar negeri ikut ambil bagian," kata Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Bidang Paralayang, Djoko Bisowarno yang ditemui di sela pemecahan rekor.

Agenda yang sebenarnya rutin dan digelar setiap tahun ini dimulai sejak tahun 2007 di Timbis, Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Badung. Acara ini adalah untuk menggalang solidaritas komunitas paralayang.

Rekor baru ini menumbangkan rekor sebelumnya yang dibuat pada 8 Agustus 2008 sebanyak 88 penerbang. Selain terbang bersama, rekor terbang terlama yaitu selama 9 jam 9 menit yang dilakukan Elisa Manueke dan Sujaki, yang tahun lalu juga diciptakan pada tahun 2008 selama 8 jam 8 menit.

Sebagai even tahunan paralayang dunia, nantinya pada 17 Agustus 2010 akan diciptakan rekor dengan terbang bersama 210 penerbang. Hal ini dilakukan untuk lebih mendukung pariwisata Indonesia khususnya Bali dengan angka kunjungan wisata.

Dipilih Timbis karena lokasinya lokasinya yang dekat pantai terletak di selatan Pulau Bali. lokasinya yang sangat luas dan kondisi alam yang sangat mendukung dengan kecepatan angin cukup konstan sehingga tempat ini kerap dijadikan sebagai pemecahan rekor nasional.

"Timbis juga memiliki kontur pantai yang snagat cocok untuk terbang durasi panjang karena tebingnya yang curam. Ketinggian puncak tebing dari laut snagat ideal yaitu sekitar 100 meter," ungkap Djoko.

Wilayahnya yang sangat luas mulai dari Gunung payung sampai Uluwatu atau sekitar 15 kilometer sehingga ke depanya jumlah terbang bersama bisa bertambah sangat banyak. Jika diasumsikan setiap satu kilometer bisa dimanfaatkan tempat berkumpulnya 200 paralayang maka lokasi ini dapat mengumpulkan 3.000 paralayang.

Laporan : Wima Saraswati l Bali

Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 
Prabowo Subianto tiba di Malaysia.

Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian

Menurut Sekjen AMMI Arip Nurahman, langkah dilakukan Prabowo ini, agar menjaga situasi tetap kondusif serta menghindari terjadinya perpecahan diantara sesama anak bangsa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024