Cadangan Minyak&Gas Medco di Libya Naik 36%

VIVAnews - Estimasi cadangan minyak dan gas PT Medco Energi Internasional Tbk di area 47, Libya diperkirakan naik sebesar 36 persen atau sekitar 2,15 miliar barel.

Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram

Hasil tersebut merupakan kajian terbaru dari prospek penemuan dan portofolio eksplorasi perseroan yang dilakukan De Golyer and MacNaughton (D&M), konsultan audit cadangan independen di Dallas, Amerika Serikat yang berlaku 30 September 2008.

Menurut Direktur Utama Medco Energi Darmoyo Doyoatmojo, hasil kajian itu merupakan pembaruan dari laporan D&M 1 Februari 2008 yang merefleksikan pengemboran baru dan hasil kajian seismik semenjak laporan sebelumnya, termasuk tujuh sumur baru (empat eksplorasi dari tiga sumur kajian), kajian seismik 3D baru seluas 1.228 km2 dan kajian seismik 2D baru sepanjang 2.492 km.

Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior

"Pengumuman ini disiapkan sesuai pengumuman yang dikeluarkan Verenex Energy Inc.sebagai operator dari area 47, Libya yang menjadi mitra perseroan," jelasnya melalui keterbukaan informasi yang disampaikan perseroan kepada otoritas bursa di Jakarta, Jumat, 7 November 2008.

Dia mengatakan, keseluruhan estimasi terbaik dari kajian D&M terbaru 20 September 2008 atas sumber daya yang sudah diketemukan tetapi belum dapat dikomersilkan dan prospektif sumber daya setelah dikurangi resiko kegagalan, dengan basis setara minyak telah meningkat sebesar 36 persen menjadi sekitar 2,15 miliar barel.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp100 Juta Jadi Tersangka

Darmoyo mengakui, hasil dari penilaian sumber daya tersebut berpotensi meningkatkan cadangan minyak dan gas perseroan di masa mendatang, meski tergantung dari pengembangan komersil lebih lanjut.

Direktur Proyek Medco Energi Lukman Mahfoedz juga mengatakan, dengan adanya hasil kajian terbaru dari sumber minyak dan gas pada prospek penemuan dan portofolio eksplorasi perseroan di area 47, pihaknya optimistis rencana pengembangan untuk memulai produksi awal yang dijadwalkan pada akhir 2009 dapat dilakukan sesuai rencana.

Sementara itu, jumlah kotor sumber daya yang sudah diketemukan tapi belum dapat dikomersilkan dan sumber daya prospektif (belum ditemukan) di area 47 sebagai estimasi yaitu minyak dan gas mentah dengan estimasi rendah masing-masing mencapai 157,5 juta barel dan 139,1 juta barel. Estimasi terbaik sebesar 306,9 juta barel dan 268,8 juta barel. Serta estimasi terbaik masing-masing sebanyak 962,4 juta barel dan 822,8 juta barel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya