Panjang Umur Karena Minyak Zaitun

VIVAnews - Usia rata-rata masyarakat di wilayah mediterania dapat mencapai hingga 80-90 tahun. Itulah sekelumit resep panjang umur dari tulisan "Hidangan Favorit Ala Mediterania" dari Hartati Nurwijaya.

Begitulah pernyataan Hartati Nurwijaya dalam talk show yang bertema "Menguak rahasia bangsa Mediterania: Resep sehat dan awet muda", serta peluncuran buku "Hidangan Favorit Ala Mediterania" yang diadakan di gedung Blitzmegaplex lantai 8, Jakarta, Sabtu, 8 November 2008.

Ia beralasan, panjangnya usia harapan hidup masyarakat wilayah mediterania disebabkan mereka secara teratur. Mereka juga selalu mengkonsumsi buah-buahan segar, sayuran-sayuran, kacang-kacangan dan yang terutama adalah minyak zaitun.

Karena menurut warga di dilayah mediterania, minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh, mempunyai antioksidan yang baik. Khasiat lainnya, yakni dapat menyeimbangkan kolestrol dalam tubuh.

Ia pun menambahkan, rahasia hidangan sehat mediterania adalah hampir di setiap santapan yang dihidangkan selalu menggunakan minyak zaitun, buah tomat, lemon serta bawang merah dan putih. Alasannya, empat bahan tersebut memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan.

Selama 6 tahun menetap di Yunani, ia memperhatikan bahwa masyarakat di sana secara turun temurun telah menjalankan pola hidup sehat. Masyarakat Yunani selalu mengkonsumsi buah segar dan minyak zaitun selalu menjadi makanan rutin setiap hari.

Setiap keluarga selalu menyediakan minyak zaitun di dapur dan meja makan mereka. Berbeda dengan masyarakat Indonesia yang suka mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi seperti tahu goreng, tempe goreng dan lain-lain. "Padahal makanan seperti itu dapat menyebabkan berbagai macam penyakit," lanjutnya.

Turut menjadi pembicara dalam acara ini yaitu, Ibu Edit Sumedi (Sekjen DPP Persatuan Ahli Gizi Indonesia), Andang Gunawan (Pemimpin Redaksi majalah Nirmala) dan mantan model, Kintan Umari.

Pelaku Ditangkap, Begini Modus Sopir Taksi Online Todong Penumpang Rp 100 Juta
Penyelundupan Pil Koplo di Lapas Yogyakarta (dok istimewa)

Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan

Petugas Lapas Kelas IIA Yogyakarta menggagalkan dua kali penyelundupan pil koplo dari pengunjung kepada warga binaan, salah satunya bermodus menyembunyikan pil di betis.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024