Timnas Irak Akhirnya Pulang Kampung

VIVAnews - Timnas sepakbola Irak untuk kali pertama setelah lima tahun tumbangnya rezim Saddam Hussein akan kembali berlatih di Baghdad, Kamis 24 September 2008. Sepanjang pekan ini, 20 pemain Irak akan berlatih di stadion terbesar di Baghdad, Al-Shaab.

Invasi Amerika Serikat ke Irak sejak 2003 lalu membuat kondisi Negeri Seribu Satu Malam itu tak menentu. Demi alasan keselamatan, timnas Irak memilih untuk berlatih di di luar negeri, yakni Jordania atau Dubai.

Belakangan kesempatan untuk pulang kampung mulai terbuka seiring membaiknya kondisi keamanan di Irak. "Butuh keberanian untuk kembali berlatih di Baghdad di bawah asuhan pelatih asing. Tapi, kami sangat senang bisa kembali berlatih di stadion ini ditonton oleh banyak fans,” kata kiper Irak, Noor Sabri.

Meski kondisi di luar stadion masih bergejolak, timnas Irak tetap mendapat sambutan yang luar biasa. Suara terompet dan tamborin di tengah dentuman mortar mengiringi kedatangan timnas Negeri Seribu Satu Malam itu.

Saat ini, timnas Irak kembali dilatih oleh Jorvan Vieira. Pria asal Brasil itu merupakan pelatih yang membawa timnas Irak meraih sederet prestai paska perang. Tahun lalu, Viera berhasil memimpin Younis Mahmoud cs meraih Piala Asia dengan mengalahkan Arab Saudi di babak final.

Selain itu, Viera juga memimpin timnas Irak merebut kemenangan dalam berbagai kompetisi. Namun, setelah menyumbang sederet prestasi, Vieira sempat pulang ke Brasil.

Vieira akhirnya dipanggil lagi untuk menggantikan pelatih lokal Adnan Hamaf yang mundur setelah gagal membawa Irak lolos kualifikasi Piala Dunia 2010. Di bawah asuhan Hamaf, Irak tumbang 1-3 dari Qatar. 

Sebelum Hamaf, Irak juga sempat dilatih oleh Egil Olsen. Namun, pelatih asal Norwegia itu juga tak bertahan lama. Dia mundur setelah tak bisa membagi waktunya.

”Saya telah kembali untuk membentuk tim baru yang akan mewakili Irak dalam setiap kompetisi internasional,” kata Vieira yang dikabarkan menerima bayaran 600.000 dolar AS itu seperti dilansir AFP.

Persebaya Bertekad Bangkit Lawan Persib
Konsumen menunjukkan emas batangan yang dibelinya di Butik Emas Logam Mulia, Gedung Aneka Tambang, Jakarta.

Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi

Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dibanderol seharga Rp 1.347.000 per gram pada hari ini, Sabtu 20 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024