Mobil Mini

Dulu Tak Laku, Kini Harganya Berlipat

VIVAnews – Mobil P50 dinobatkan sebagai mobil terkecil di abad 21. Mobil yang hanya seukuran kardus pembungkus kulkas satu pintu ini diproduksi tepatnya pada 1962. Sampai saat inipun masih tercatat oleh Guiness Book of World Records sebagai mobil paling kecil di dunia dan layak dipakai.

Pertama kali muncul pada London Motor Show 1962, sebagaimana dirilis www.diseno-art.com, P50 diproduksi Perusahaan Peel Engineering Ltd. Perusahaan ini berlokasi di di Isle of Man, tepatnya dipesisir barat British ini.

Pendesainnya adalah Cyril Cannel dan Henry Kissack. Mereka menginginkan mobil murah, praktis dan hanya layak dipakai buat belanja. Itulah sebabnya mobil itu hanya cukup memuat satu orang dan kerancang saja. Daya angkutnya pun terbatas, cuma 100 kilogram saja.

Karena itu, ukuran panjang 1,34 meter, lebar 99 cm dan tinggi 1,2 meter, dianggap sudahlah cukup. Mobil ini juga ringan, cuma 60 kilogram. Dalam sebuah foto, memperlihatkan mobil roda tiga ini mampu seorang wanita paruh baya.

Bila kesulitan berbelok, cukup keluar dari mobil dan angkat moncongnya lalu putar saja 180 derajat, seperti memainkan gerobak dorong. Beres.

Jika hanya untuk belanja saja, tentu tak perlu mesin besar. Dia hanya bermesin 49 cc. Ini lebih kecil dari sepeda motor. Si mini hanya mampu berjalan dengan kecepatan 64 kilometer per jam. Soal irit jangan tanya, hanya dengan 2,8 liter bahan bakar sudah mampu menempuh perjalanan 100 kilometer.

Pada 1963 mobil ini dipasarkan dengan bandrol seharga 199 poundsterling. Bentuknya yang aneh dan supermungil, membuat sepi sambutan. Selain itu, kestabilannya juga diragukan. Juga berisik dan tak memiliki persneling mundur. Sebab itu hanya diproduksi 50 unit.

Ada hikmahnya P50 diproduksi sedikit dengan didukung bentuk yang unik, karena sekarang harganya berlipat-lipat dibanding harga jual dimasanya dahulu. P50 asli keluaran 1962 saat ini bisa dihargai 50.000 pound.

Panen Raya di Purwakarta Jelang Lebaran Dimassifkan Perkuat Ketahanan Pangan
Ivan Gunawan

Trik Simpel Ivan Gunawan, Agar Silaturahmi Lebaran Bisa Tetap Glowing

Menjalani tradisi silaturahmi Lebaran, kita akan berhadapan dengan banyak orang. Maka, tak sedikit yang memikirkan penampilan agar terlihat baik. Pun, bagi Ivan Gunawan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024