Dampak Kemenangan Obama

Rumah Obama Jadi Daya Tarik Wisata

VIVAnews - Terpilihnya Barack Obama menjadi presiden baru Amerika Serikat (AS) ternyata membuat atraksi pariwisata di kota Chicago, negara bagian Illinois, kian bertambah. Mulai dari rumah tempat keluarga Obama tinggal, gedung pemerintah tempat dia berpidato hingga sebuah restoran tempat dia biasa bersantap pun sudah dimanfaatkan menjadi daya tarik  wisata. Kini, popularitas Obama telah melampaui nama-nama terkenal yang pernah lama menghuni Chicago, seperti Michael Jordan, Oprah Winfrey, dan Al Capone. 

Dalam situs internetnya, biro pariwisata negara bagian Illinois mengeluarkan iklan baru  dengan mengajak para wisatawan untuk menikmati Chicago, kota tempat keluarga Obama tinggal, dengan mengusung slogan "experience the city the Obamas enjoy". Bahkan biro pariwisata di Chicago tengah menyiapkan paket tur tiga hari untuk menyambangi tempat-tempat yang menjadi bagian dari kegiatan rutin Obama sebelum ikut pemilihan umum presiden.

Sejak Obama dinyatakan sebagai pemenang pada pemilu 4 November lalu, blok tempat keluarga Obama tinggal di daerah Hyde Park, Chicago, telah dikelilingi oleh pembatas keamanan. Namun demikian, seorang sukarelawan dari dinas pariwisata Illinois, Catherine Williams, masih mencoba membawa para pengunjung berjalan sedekat mungkin dengan rumah Obama, sedekat yang diizinkan oleh Dinas Keamanan Presiden (Secret Service).

Ketua DPRD Sebut Pemkab Klungkung Komitmen Tangani Kerusakan Jalan di Nusa Penida

"Para wisatawan ingin melihat rumah Obama, dan saya harap mereka dapat melihat sosok [Obama] walau sekilas," kata Williams pekan lalu. "Obama setenar bintang rock," lanjut dia.

Tak jauh dari rumah Obama, terdapat sebuah restoran yang biasa dia kunjungi. Itu sebabnya, selain tetap menjual, pengelola restoran punya usaha sampingan dengan telah menjual tiga ribu kaos bertulis "Obama makan di sini". Sebuah toko buku yang dikunjungi Obama sejak tahun 1986 pun tidak ketinggalan ikut merayakan kemenangan Obama dengan menandai jendela toko dengan ucapan selamat bagi "sang pengunjung setia" yang terpilih menjadi presiden AS.

"Para pengunjung toko bertanya, apa yang biasa dibaca Obama?" kata Jack Cella, salah seorang pengelola toko. "Mereka membeli buku Obama dan mengatakan kalau mereka ingin membelinya di toko buku yang sering dikunjungi Obama," lanjut Cella.

Selain itu naskah panduan wisata di gedung Old State Capitol, kota Springfield, yang merupakan ibukota negara Illinois telah diperbarui untuk membuat turis lebih menghayati pentingnya dua pidato Obama saat masih berstatus kandidat presiden. Itu karena di gedung itulah Obama pertama kali menyampaikan janji-janjinya selama kampanye dan saat memperkenalkan mitranya, Joe Biden, sebagai kandidat wakil presiden.  

Terinspirasi oleh gemerlapnya kota Chicago yang tampak di layar televisi sepanjang reli kemenangan Obama di Grant Park, maka koordinator
acara-acara khusus sekaligus direktur In the Loop-Chicago, Andrew Schorr, berencana membuat paket perjalanan wisata yang "fokus pada dampak Obama
bagi Chicago dan dunia". "Saya tidak tahu apakah orang-orang telah menyaksikan Chicago yang kini bersinar-sinar," ujar Schorr. "Yang terlintas di benak saya saat ini adalah 'Wow, kami punya potensi bagus di sini'," tandas Schorr.

Kini para pengelola biro pariwisata di Chicago optimistis usaha mereka bakal laris manis dengan mengadakan "Paket Tur Obama." "Saya belum tahu apakah kita cukup siap mendapat perhatian besar," kata Laura Baginski, editor majalah "Time Out Chicago." Majalah tersebut baru-baru ini menerbitkan edisi khus tur mandiri yang melingkupi beberapa tempat, misalnya Univesitas Chicago Law School, dimana Obama pernah mengajar sebagai dosen.

Komentar Calon Kiper Timnas Indonesia Usai Bawa Inter Milan Sabet Scudetto

Majalah tersebut juga memperkenalkan Hyde Park Hair Salon & Barber Shop, dimana Obama rutin rambutnya dipangkas. "Saya pikir, banyak orang akan tertarik untuk melihat tempat dimana dia [Obama] makan dan rambutnya dipangkas," lanjut Baginski.  

Yang jelas, agen-agen wisata dari manca negara telah menelepon mitra-mitra mereka di Chicago untuk menanyakan informasi seputar tempat-tempat nongkrong Obama, sedangkan Dinas Pariwisata Chicago sedang fokus pada kampanye pemasaran melalui internet, kata Mark Theis, wakil direktur eksekutif salah satu agen wisata. "Kamimengubah total situs kami untuk memberi ucapan selamat bagi Obama," ujar Theis. (AP)

Komandan al-Quds Brigade Tulkarm, Mohammad Jaber atau Abu Shujaa

Sosok Abu Shujaa, Komandan Perang Al Quds yang 'Bangkit' dari Kematian

Abu Shujaa pun dinyatakan telah tewas oleh Israel pada hari Jumat lalu. Namun, mengejutkannya, Abu Shujaa tiba-tiba 'bangkit dari kubur'.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024