Tahun 2009

BI: Pertumbuhan 5 Persen Sudah Bagus

VIVAnews - Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi sepanjang 2009 di bawah prediksi 2008 yang sebesar 6,2 persen.

"Jadi bila pertumbuhan ekonomi 5 persen, itu sudah bagus. Pertumbuhan ekonomi 6 persen itu sudah terlalu tinggi," kata Gubernur Bank Indonesia Hartadi A Sarwono dalam diskusi dengan DPD di Jakarta, Senin 10 November 2009.

Bamsoet Ingatkan AHY soal Mafia Tanah Kerap Berkolaborasi dengan Mafia Peradilan

Sebelumnya dalam APBN 2009 pemerintah dan anggota dewan sepakat mematok angka 6,2 persen. Namun dalam APBNP, asumsi dasar tersebut diubah menjadi 6 persen.

Prediksi Bank Indonesia untuk pertumbuhan 2009  dipicu perlambatan ekonomi dunia yang diperkirakan mencapai 2,2 persen pada 2009 nanti, atau turun dari prediksi tahun ini sebesar 3,7 persen.

Ia lalu menyontohkan pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat yang diduga akan negatif atau mengalami resesi. Sementara negara besar seperti Cina juga turun di kisaran 7 persen dari sebelumnya di atas 10 persen. Pada kuartal III 2008, pertumbuhan Cina hanya mencapai 9 persen, jauh di bawah tahun sebelumnya sebesar 11,9 persen.

Bank sentral memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini berada di level 6,2 persen. Angka ini lebih rendah dari angka yang dilansir pemerintah sebesar 6,4 persen. Pertumbuhan ini masih dianggap cukup rasional sebab pada kuartal I pertumbuhan mencapai 6,5 persen, kuartal II 6,4 persen, kuartal III 6,3 persen, dan diperkirkan kuartal IV akan di bawah 6 persen. "Jadi pertumbuhan ekonomi kita masih cukup tinggi," katanya.

Jembatan Comal sisi utara, Pemalang, selesai diperbaiki

Jembatan Comal Dibuka Usai Perbaikan, Jalur Pantura Pemalang Kembali Normal

Jembatan Comal sisi utara kembali dibuka setelah 3 hari dilakukan perbaikan. Polisi memastikan jalur pantura Pemalang kembali normal

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024