Semen Gresik Bersikukuh Bangun Pabrik di Pati

VIVAnews – Menanggapi penolakan Aliansi Masyarakat Jawa Tengah Tolak Pabrik Semen, PT Semen Gresik Tbk (SMGR) mengaku tidak ambil pusing dan tetap menjalankan rencana pembangunan pabrik semen di Pati, Jawa Tengah.

“Tidak benar kalau masyarakat menolak, mereka hanya sebagian kecil,” kata Kepala Bagian Humas Semen Gresik Sunartik Widyawati, kepada VIVAnews melalui pesan singkatnya, Selasa 11 November 2008.

Oleh karena itu, bila analisis mengenai dampak lingkungan sudah selesai pada akhir 2008, pembangunan akan langsung dikerjakan dan tidak mengalami penundaan. Hingga saat ini, analisis dampak lingkungan pembangunan pabrik di Pati berkapasitas 2,5 juta ton tersebut sedang berjalan dan dilakukan oleh Pusat Penelitian Lingkungan Hidup Universitas Diponegoro Semarang. Sedangkan studi karst dilakukan oleh Pusat Geologi Lingkungan Bandung. 

Sunartik menilai, pihak-pihak yang menolak tidak mempunyai dasar ilmiah yang kuat. Semen Gresik telah beberapa kali melakukan dialog dengan pihak yang pro maupun kontra, hingga pihak yang menolak mau mengerti. “Namun sebagian dari mereka tetap menolak karena tujuan tertentu yang sangat subyektif,” tambahnya. Seharusnya, kata dia, masyarakat paham pentingnya investasi di daerah. 

Pembangunan tiga pabrik baru berkapasitas produksi 5 juta ton merupakan strategi Semen Gresik untuk memperkuat pangsa pasar domestik dan ekspor. Tahun 2008, Semen Gresik menargetkan peroleh 45 persen pangsa pasar domestik.

Hingga kuartal III 2008, SMGR melalui kontribusi Semen Gresik, Semen Padang, dan Semen Tonasa mencapai 43,3 persen pangsa pasar, sementara sisa kue pasar diperebutkan oleh PT Indocement Tuanggal Prakarsa Tbk (32,5 persen) dan PT Holcim Indonesia (14,2 persen).

Sementara itu, pembangunan fisik pabrik Semen Gresik di Tonasa, Sulawesi Selatan, masih pada tahap perataan tanah. 

Penolakan akan pembangunan pabrik semen disayangkan oleh Ketua Asosiasi Semen Indonesia (ASI) Urip Trimuryo. “Padahal pada 2011 diperkirakan terjadi krisis semen,” katanya.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP
Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024