Kasus BLBI I

Syahril Sabirin Minta Sidang PK Ditunda

VIVAnews - Sidang permohonan peninjauan kembali (PK) atas perkara pencairan klaim Bank Bali terhadap Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI) dengan terdakwa mantan Gubernur Bank Indonesia Syahril Sabirin ditunda selama dua minggu atau molor hingga 14 Oktober 2008.

"Ada permintaan dari Syahril karena dia belum siap," kata juru bicara Kejaksaan Agung Jasman Panjaitan di Kantornya, Jakarta, Rabu 24 September 2008.

Sebelumnya, Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat memvonis Syahril tiga tahun penjara. Syahril dinyatakan terlibat dalam pencairan klaim Bank Bali terhadap BDNI senilai Rp 904,647 miliar. Vonis ini lebih rendah dari tuntutan jaksa selama tiga tahun penjara.

Meski hukuman sudah dikurangi, Syahril mengajukan banding. Upaya Syahril agar hukumannya dikurangi berhasil. Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta membebaskan Syahril. Majelis hakim yang diketuai Ridwan Nasution menilai Syahril tidak terbukti terlibat dalam kasus Bank Bali itu.

Jaksa yang diketuai JW Mere pun langsung mengajukan kasasi atas putusan PT DKI Jakarta. Namun, upaya jaksa untuk menjerat Syahril tertunda. Mahkamah Agung (MA) tidak menerima gugatan jaksa itu. MA menilai jaksa tidak dapat menghadirkan bukti baru yang dapat menjerat Syahril menjadi terpidana.

Jasman menjelaskan, Kejagung menemukan kejanggalan dalam putusan kasasi MA pada 21 September 2004 itu. "Putusan terdahulu ada yang saling bertentangan," jelas Jasman.

Kejagung juga mengajukan PK terhadap putusan bebas mantan Direktur Utama PT Era Giat Prima Djoko S Tjandra.

Dalam kasus ini, hanya mantan Wakil Kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) Pande Lubis yang divonis bersalah. Pande divonis selama empat tahun penjara. Djoko Tjandra bahkan sudah divonis tidak bersalah sejak vonis yang dijatuhkan PN Jakarta Pusat.

Mobil Rubicon Mario Dandy Dilelang! Harga Limitnya Rp809 Juta
Perempatfinal Liga Champions, Real Madrid vs Chelsea

5 klub Sepakbola yang Sering Tampil di final liga champions, Real Madrid Teratas?

Liga Champions, turnamen sepakbola paling bergengsi di Eropa, menjadi mimpinya para klub elite

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024