Alain Robert The Real Spiderman

"Saya Akan Memanjat Hingga Jatuh dan Mati"

VIVAnews - "Saya akan memanjat hingga saya jatuh dan mati." Pernyataan yang mengesankan bermain-main dengan nyawa itulah semboyan hidup Alain Robert.

Pemanjat kenamaan asal Prancis itu dikenal sebagai The Real Spiderman. Ia telah memanjat lebih dari 85 gedung pencakar langit di dunia tanpa alat pengaman. Ia hanya mengandalkan kekuatan jemari tangan dan kakinya.

Keahlian Robert sudah terlihat sejak masa kanak-kanak. Ia sering bermain dengan merayapi dinding dan lemari rumahnya.

Kariernya sebagai pemanjat gedung dimulai ketika menginjak usia 12 tahun. Saat itu, Robert lupa membawa kunci apartemen, sementara orangtuanya juga belum kembali. Tak sabar menunggu, Robert pun nekat masuk ke apartemennya di lantai delapan dengan merayapi dinding luar gedung.

Perjalanan kariernya ternyata tak mulus. Saat usia 19 dan 20 tahun, Robert pernah terjatuh dari ketinggian 15 meter. Akibatnya, ia menderita patah tulang dan vertigo permanen. Tapi hal itu tak membuat Robert menyerah. Enam bulan setelah kecelakaan, Robert kembali beraksi dan semakin meningkatkan keahliannya dengan mendaki Pegunungan Alpen.

Sejak itu, ambisi Robert memanjat gedung pencakar langit semakin tak terkendali, walau selalu dilarang aparat. Bahkan, tak jarang ia disambut polisi begitu sampai di atap gedung pencakar langit yang dipanjatnya, seperti saat ia memanjat menara federasi di Rusia.

Hari ini, 12 November 2008, Robert kembali beraksi di Indonesia. Ia akan memanjat Wisma Mulia, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, setelah pada 2004 lalu ia sukses memanjat Gedung Indosat, Jakarta Pusat.

"Memang kita manusia punya keterbatasan, tapi sebenarnya kita bisa mencapai hasil yang lebih baik dan meraih impian kita, yaitu dengan mengenali kekuatan yang ada dalam diri dan mengasahnya. Aku benar-benar yakin bahwa dengan rasa percaya diri kita bisa memindahkan gunung," ujar Robert, yang kini berusia 42 tahun.

Berikut sejumlah gedung pencakar langit yang pernah dipanjatnya:
- Sydney Tower and the Sydney Opera House
- Hotel Vermont, Rio de Janeiro, Brazil 
- Montreal, Quebec, Canada (Crown Plaza Hotel & Place de la Cathédrale)
- Hong Kong (Four Seasons Place, The Far East Finance Centre, The Cheung Kong Centre)
- London (One Canada Square, Lloyd's building, Portland House)
- Paris, Prancis (Eiffel Tower, Grande Arche at La Défense, The Luxor Obelisk in Place de la Concorde, Tour Montparnasse, Tour Cristal at Front de Seine, Mercurial Towers at Bagnolet)
- Frankfurt, Germany – Dresdner Bank Tower
- Milan, Italy – Banca di Milano building
- Tokyo, Jepang – Shinjuku Center Building
- Warsaw, Poland – Marriott Hotel
- Johannesburg, South Africa – IBM Tower
- Abu Dhabi (United Arab Emirates – National Bank of Abu Dhabi and the Etisalat building,  Abu Dhabi Investment Authority [ADIA], Headquarters Building, UAE)
- United States of America (New York Times Building, Empire State Building, Sears Tower Chicago, Golden Gate Bridge San Francisco, Blue Cross Tower, Luxor Hotel Pyramid Las Vegas)
- Tampere, Finland – Hotel Ilves
- Malaysia (Menara Kembar Petronas, Sabah Foundation Building, Melia Hotel).
- Singapore (Overseas Union Bank Centre, Suntec Tower One)
- Taiwan – Taipei 101
- Venezuela – Parque Central Torre
- Barcelona, Spain – Torre Agbar
- Portugal (Torre Vasco da Gama, 25 de Abril Bridge)
- Mexico City - Santa Fé World Plaza Corporate Tower
- Bratislava, Slovakia – Slovak Radio Building
- Shanghai, China – Jin Mao Building
- Moscow, Russia - West Federation Tower
- São Paulo, Brazil - Edifício Itália
- Beirut, Lebanon - Phoenicia Hotel

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024