Bursa Kabinet SBY

Fadel Muhammad: Tunggu Sampai Siang Nanti

VIVAnews - Gubernur Gorontalo, Fadel Muhammad dikabarkan jadi kandidat kuat menteri dalam Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II periode 2009-2014.

Menurut informasi yang didapatkan VIVAnews, Fadel akan menempati posisi Menteri Kelautan dan Perikanan, menggantikan Freddy Numberi.

Mitsubishi Fuso Resmikan Diler 3S Baru di Morowali

Dikonfirmasi, Fadel Muhammad tak memberi jawaban pasti. "Mohon maaf, tunggu sampai siang nanti, agar mereka tidak merasa dilangkahi," kata dia dalam pesan pendeknya kepada VIVAnews, Senin 19 Oktober 2009.

Jika benar Fadel Muhammad terpilih, dia akan jadi pimpinan Departemen Kelautan dan Perikanan keempat di republik ini.

Menteri yang pertama menjabat adalah Sarwono Kusumaatmadja, yang saat itu menjabat Menteri Eksplorasi Kelautan.

Menteri Kelautan dan Perikanan kedua adalah Rokhmin Dahuri. Nasib nahas menimpanya, dia menjadi terpidana tujuh tahun dalam kasus korupsi di Departemen Kelautan dan Perikanan.

Orang ketiga yang menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan adalah Freddy Numberi. Nama Freddy dan Gubernur Papua, Barnabas Suebu sempat disebut-sebut sebagai calon kuat Menteri Kelautan dan Perikanan, sebelum muncul nama calon yang lebih kuat, Fadel Muhammad.

**
Fadel Muhammad lahir di Ternate Al-Haddar , Maluku, 20 Mei 1952. Dia menjabat sebagai Gubernur Provinsi Gorontalo sejak 10 Desember 2001.

Pada pilkada Gorontalo 2006 yang dilaksanakan pada 26 November 2006, dia memperoleh 81 persen suara. Nilai ini merupakan tertinggi di Indonesia untuk pilkada sejenis dan tercatat di rekor MURI sebagai rekor pemilihan suara tertinggi di Indonesia untuk pemilihan gubernur.

Sebelum jadi gubernur, Fadel adalah seorang pengusaha dan politikus. Dia pernah menjabat sebagai Ketua DPD I Golkar di Gorontalo.

Erick Thohir Buka suara soal Dugaan Pemain Naturalisasi Dibayar Bela Timnas Indonesia

Dalam kepengurusan Golkar periode 2009-2014, Fadel dipilih menjadi Ketua Bidang Kemahasiswaan dan LSM.

Dia pula yang menjadi pimpinan sidang Munas Golkar di Riau yang akhirnya memilih Aburizal Bakrie sebagai Ketua Umum Golkar periode 2009-2014.

Fadel meraih gelar insinyur dari Jurusan Teknik Fisika, Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1978. Saat sedang menempuh pendidikan di ITB, ia pernah mendapatkan tawaran beasiswa untuk belajar di Institut Teknologi California, namun tawaran tersebut ditolaknya. Ia pernah bergabung dengan Menwa ITB.

Fadel adalah salah seorang pendiri Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dan mantan pemimpin Grup Bukaka yang juga didirikannya. Selain itu, ia pernah menjadi salah seorang pemegang saham Bank Intan yang kemudian dilikuidasi. Saat ini Fadel juga adalah Ketua Umum Pengurus Dewan Jagung Nasional.

VIVA Militer: Serah terima jabatan Komandan Yonif 305 Tengkorak Kostrad TNI

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

Serah terima baru saja dilaksanakan di lapangan Sadelor.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024