Kabinet Baru 2009-2014

Gurita Bisnis Gita Wirjawan, Calon Ketua BKPM

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono diperkirakan akan mengumumkan susunan kabinet pada Rabu ini atau besok (21 atau 22 Oktober 2009). Salah satu nama yang mencuat adalah Gita Irawan Wirjawan, yang diperkirakan akan menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal menggantikan Muhammad Lutfi.

Gita Wirjawan adalah seorang bankir investasi jebolan Harvard University, salah satu perguruan tinggi paling top di dunia. Dia juga dikenal sebagai pelaku pasar dengan sepak terjang yang cukup agresif setelah mendirikan perusahaan investasi melalui bendera Ancora Group.

Untuk menghindari konflik kepentingan, Gita mengaku akan melepas kepemilikan saham-sahamnya di Ancora jika terpilih sebagai salah satu anggota kabinet SBY. "Saya siap melepaskan seluruh kepemilikan saham di Ancora," kata dia di Jakarta, Senin, 19 Oktober 2009.

Gita Wirjawan saat ini adalah Chairman dari PT Ancora International, perusahaan investasi yang menampung aset-aset yang terkena imbas krisis keuangan. Dengan bendera Ancora Group, Gita memiliki sejumlah bisnis.

Ketika krisis finansial menghajar dunia dan merembet ke Indonesia, Ancora mengambil alih porsi saham yang signifikan di sejumlah perusahaan top, seperti PT Apexindo Pratama Duta Tbk, PT Bumi Resources Tbk, dan satu perusahaan properti di Jakarta dan Bali.

Selain itu, Ancora juga mengendalikan sejumlah perusahaan melalui PT Ancora Indonesia Resources Tbk, yang terdaftar di bursa efek Indonesia.

Ancora Indonesia Resource memiliki 50 persen saham PT Multi Nitrotama Kimia (MNK). Ini adalah satu-satunya produsen Amonium Nitrat di Indonesia yang beroperasi sejak 1990.

Kini, Ancora Indonesia Resources tengah membidik kuasa tambang batu bara di Kalimantan Timur yang diperkirakan memiliki deposit 30-40 juta ton dan kapasitas produksi sekitar 2,4 juta ton per tahun.

Di luar itu, Ancora Resources telah membentuk perusahaan bernama PT Ancora Shipping pada 29 Juni 2009. Sejauh ini, Ancora sudah memiliki lima kapal yang melayani angkutan komoditas, terutama batu bara. Ini terkait dengan bisnis batu bara yang tengah diakuisisi oleh Ancora.

Gita telah memegang sejumlah jabatan kunci di bank investasi terkemuka dunia, seperti Goldman Sach dan JP Morgan. Sekarang, dia juga menjadi penasehat senior JP Morgan untuk Asia Tenggara. Kini, dia juga menjabat sebagai Komisaris Pertamina dan anggota Dewan Direktur Independen di Telekom Malaysia International.

Banyak Pasien Berobat ke Luar Negeri, Rumah Sakit di Indonesia Kini Dibuat Layaknya Hotel Bintang 5

heri.susanto@vivanews.com

Konversi motor BBM menjadi motor listrik.

Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya

Masyarakat pengguna kendaraan motor beroda dua yang berbahan bakar minyak (BBM) bisa melakukan konversi menjadi motor listrik secara gratis.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024