Tawaran Ditutup, Bumi Kuasai 98,39% Herald

VIVAnews - Calipso Investment Pte Ltd, anak perusahaan PT Bumi Resources Tbk (BUMI), akhirnya menguasai 98,39 persen saham Herald Resources.

Berdasarkan penjelasan tertulis yang dipublikasikan otoritas pasar modal Australia (Australian Securities Exchange/ASX), Rabu 21 oktober 2009, Calipso telah menutup penawaran untuk sisa saham Herald pada 20 Oktober 2009.

Selanjutnya, Calipso akan memproses kewajiban pembelian sisa saham Herald tersebut sesuai ketentuan yang berlaku di bursa efek Australia.

Kepemilikan Calipso di Herald tersebut meningkat setelah sebelumnya direktur independen Herald Resources Limited menerima tawaran Bumi Resources melalui Calipso Investment Pte Ltd untuk membeli sisa saham Herald.

Pada 30 September 2009, Bumi merevisi tawaran harga saham Herald milik publik menjadi Aus$ 0,93 dari sebelumnya Aus$ 0,7 per saham.

Dalam publikasi yang dilakukan Herald pada 15 Oktober 2009 disebutkan, Calipso telah meningkatkan kepemilikan sahamnya di Herald Resources menjadi 92,45 persen.

Calipso sudah mengonfirmasi bahwa penawaran tidak akan dinaikkan lagi dan berakhir pada 20 Oktober 2009.

Sebelumnya, Bumi Resources melalui anak perusahaan, Calipso Investment Pte Ltd menyampaikan dokumen pernyataan dari penawar (bidder's statement) kepada pemegang saham Herald pada 9 September 2009 untuk rencana pembelian saham perusahaan yang dimiliki publik.

Saat itu, Calipso merupakan pemilik 84,2 persen saham Herald.

Namun, direktur independen Herald Resources Limited menolak tawaran harga pembelian sisa saham Herald yang diajukan Bumi Resources melalui Calipso.

Berdasarkan laporan penilai independen Lonergan Edwards, seperti tercantum dalam publikasi Herald disebutkan, harga penawaran Calipso lebih rendah dari nilai wajar saham Herald di kisaran Aus$ 1,07-1,44 per saham.

Menurut hasil penilaian itu, Calipso perlu menambah penawaran sekitar Aus$ 0,55 atau sekitar Aus$ 1,25 per saham untuk memenuhi kisaran harga wajar berdasarkan penilaian Lonergan Edwards.

Selanjutnya, pada 30 September 2009, Bumi merevisi tawaran harga saham Herald milik publik menjadi Aus$ 0,93 dari sebelumnya Aus$ 0,7 per saham.

arinto.wibowo@vivanews.com

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur
Game MMORPG Tarisland.

Game MMORPG Tarisland Siap Menggebrak, Ada Streamer Indonesia

Nimo secara khusus mengundang game MMORPG Tarisland yang sangat dinantikan-nantikan. Para tamu yang diundang, di antaranya streamer Depinaa dari Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024