Kabinet Indonesia Bersatu II

Baru Jadi Menteri Hidayat Sudah Usul Insentif

VIVAnews - Menteri Perindustrian MS Hidayat mengusulkan agar industri manufaktur berbasis ekspor yang lebih memilih untuk memasok komoditas primer ke dalam negeri akan mendapatkan insentif.

"Misalnya pada industri manufaktur yang berorientasi ekspor nanti akan ada insentif manakala kita membutuhkan bahan komoditas primer, (eksportir bersangkutan) tidak mengekspor tapi disuplai ke sektor manufaktur," kata Hidayat usai serah terima jabatan di kantornya, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis, 22 Oktober 2009.

Sebaliknya, jika industri berbasis ekspor tersebut lebih mengalokasikan bahan baku untuk pasar ekspor ketimbang memenuhi kebutuhan dalam negeri, maka akan dikenai disinsentif.

"Bentuknya bermacam-macam, bisa berupa pungutan. Tapi itu berada pada kapasitas Bu Sri Mulyani (Menteri Keuangan)," kata dia.

Dengan demikian, kebijakan tersebut akan mendukung upaya Departemen Perindustrian untuk menekan impor bahan baku, semisal rotan.

"Soal itu, saya sudah sepakat dengan Menteri Perdagangan tapi pernyataan secara resmi per sektor baru akan diumumkan nanti," kata dia.

hadi.suprapto@vivanews.com

5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League
Pj Gubernur Sumut, Hassanudin.(dok Pemprov Sumut)

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Kejuaraan North Sumatera Amateur Open (NSAO) 2024, kembali digelar oleh Persatuan Golf Indonesia (PGI) Sumut. Peserta berasal dari Indonesia, Malaysia, Vietnam, Filipina,

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024