Transisi Presiden Baru AS

Satu Juta Orang Akan Hadiri Pelantikan Obama

VIVAnews - Pelantikan Barack Obama sebagai presiden baru Amerika Serikat (AS) di Gedung Putih 20 Januari 2009, bisa jadi akan disaksikan langsung oleh satu juta orang, bahkan bisa lebih. Buktinya, hampir semua hotel di Ibukota Washington DC sudah penuh dipesan dalam rangka menyaksikan pelantikan Obama.

Bahkan, tidak sedikit warga luar kota Washington DC yang sudah meminta masyarakat setempat untuk membuka rumah-rumah mereka jadi tempat penginapan sementara. Para pendatang tersebut bersedia membayar dengan uang tunai, atau minimal bersedia mencuci piring milik penghuni, supaya bisa menginap di rumah yang bersangkutan    

Pengelola alun-alun The National Park Service mulai mempersiapkan tempat yang dapat menampung satu juta orang. Pengunjung nantinya bisa melihat parade di sepanjang jalan Pennsylvania Avenue dalam rangka pelantikan Obama.

Selain itu juga akan ada sejumlah layar monitor raksasa di sepanjang National Mall sehingga massa bisa melihat pelantikan Obama dan parade dari jauh. Demikian ungkap juru bicara The National Park Service, David Barna, Kamis sore, 13 November 2008 waktu setempat (Jumat pagi WIB).   

Sementara itu, beberapa wakil rakyat di Kongres - baik itu sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat maupun anggota Senat - sudah tidak mau lagi menerima permintaan tiket gratis dari konstituen masing-masing untuk bisa menonton pelantikan Obama di halaman Gedung Putih. Pasalnya jatah tiket gratis untuk rakyat sudah habis dipesan.  

Kalangan pengamat sudah memperkirakan bahwa acara peresmian Obama sebagai presiden akan menjadi yang terpopuler dalam sejarah pelantikan pemimpin baru AS. Itu karena Obama merupakan warga kulit hitam AS yang pertama kali sukses menang pemilihan umum (pemilu) dan usianya masih tergolong muda untuk memimpin AS, yaitu 47 tahun.

Sesuai tradisi, kemeriahan pelantikan presiden baru bakal berlanjut dengan sejumlah pesta, baik formal maupun informal, dan parade yang diselenggarakan sejumlah perkumpulan masyarakat di washington DC. Tak heran bila banyak warga tumpah ruah di ibukota AS itu pada hari pelantikan Obama. Oleh karena itu beberapa pejabat di Washington DC mengusulkan agar pesta massa pelantikan Obama dipecah tidak hanya di satu, dua tempat, namun di banyak lokasi.
     
Politisi Eleanor Holmes Norton, misalnya, mengusulkan para penyelenggara pesta untuk menggelar hajatan mereka di lapangan terbuka atau stadiun olahraga yang dapat menampung banyak orang. Dia juga mengimbau gereja-gereja di Washington DC juga menggelar hajatan kecil untuk menyalurkan kegembiraan warga.

"Jangan melihat acara pelantikan yang lalu-lalu karena yang satu ini [pelantikan Obama] bakal memecahkan rekor. Dengan membawa karcis atau tidak, warga dari luar kota pasti akan datang," kata Norton. (AP)  


Tantrum Anak Bukan Hal Seram! Ini Rahasia Mengatasinya dengan Bijak
The All-New Citroen C3 Aircross

Citroen Luncurkan Mobil SUV Terbaru di Indonesia, Harga Rp200 Jutaan

Citroen secara resmi meluncurkan mobil SUV terbaru, The All New C3 Aircross pada hari ini untuk pasar Indonesia. Mobil ini hadir dengan berbagai fitur modern yang nyaman.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024