Aceh Barat Larang Celana Jins

Golkar Aceh: Jeans Dilarang, Aneh-aneh Saja

VIVAnews - Aturan baru akan diterapkan di Kabupaten Aceh Barat.  Mulai Januari 2010, Bupati Aceh Barat, Ramli MS, memberlakukan larangan mengenakan celana ketat dan jeans kepada perempuan muslim di Aceh Barat.

Menanggapi hal itu Ketua DPD I Partai Golkar Aceh, Sayed Fuad Zakaria, mengatakan aturan ini kemungkinan besar dapat menimbulkan salah tafsir dan merugikan masyarakat.

“Yang wajar-wajar sajalah. Jangan aneh-aneh dan menimbulkan salah tafsir,” katanya Kamis 29 Oktober 2009.

Fuad mempertanyakan alasan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat akan menerapkan larangan mengenakan celana jeans bagi para perempuan.

“Kalau alasannya ketat. Ketatnya bagaimana. Lalu, celana panjang itu kan macam-macam ada yang berbahan jeans dan kain biasa,” kata Fuad dan dia melanjutkan, “Apa itu juga tidak boleh, ada-ada saja.”

Dia mengatakan larangan memakai celana jeans sudah pasti akan menimbulkan dilema di masyarakat.

“Misalnya tahun ini dia beli celana, trus tahun depan dia badannya gemuk dan celana itu jadi ngepas, apa itu tidak boleh,” katanya. “Trus kenapa laki-laki pakai kaos ketat, misalnya, itu tidak dilarang.”

Menurut Fuad, daripada aturan justru menimbulkan permasalahan yang cenderung merugikan masyarakat, lebih baik tidak perlu dibuat secara formal. Melainkan diganti dengan himbauan-himbauan yang bijak. Misalnya pemerintah daerah mengatakan Aceh sebagai daerah yang menerapkan syariat Islam maka perempuan dan laki muslim mengenakan pakaian sopan di tempat publik.

Sebenarnya aturan pelarangan ini bukan berarti perempuan di sana tidak boleh memakai celana sama sekali. Penggunaan celana tetap dibolehkan dengan syarat harus lebar dan menutupi mata kaki. Celana juga dapat dikenakan untuk dalaman rok panjang yang lebar.

Rencananya dalam aturan itu, apabila ada anggota masyarakat yang terbukti melanggar, pelaku harus mengganti celana yang dipakainya dengan rok yang disediakan khusus oleh pemerintah Aceh Barat. Sementara, celana yang mereka pakai akan digunting.

Informasi yang diperoleh VIVAnews, Pemerintah Aceh Barat akan menyiapkan tujuh ribu potong rok selama operasi anticelana yang akan dipusatkan di Meulaboh.

Rencananya sanksi juga akan diberlakukan pada kaum lelaki yang mengenakan celana pendek, yang memperlihatkan auratnya.

Pemerintah Aceh tidak akan memberlakukan aturan kepada masyarakat pemeluk agama lain.

South Korea Bans Its Soldiers to Use iPhone
Presiden Soeharto

4 Jenderal yang Berani Menentang Soeharto, Keluarga Dipersulit hingga Dicopot Jabatan

Saat Soeharto menjabat presiden, empat jenderal ini menjadi orang yang menakutkan baginya. Sebab, keempat jenderal ini berani untuk menentang segala kebijakan orde baru.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024