Kapolri: Polisi Berwajah Humanis Tapi Tegas

VIVAnews - Kepala Kepolisian RI, Jenderal Bambang Hendarso Danuri mengingatkan pengabdian dan prestasi tidak boleh membuat polisi arogan dan sombong. Ia meminta agar polisi, khususnya Brigadir Mobil (Brimob), menjaga hubungan yang harmonis dengan TNI dan lembaga pemerintahan lain.

"Hilangkan sikap egosentris dan arogansi dan tampilkan wajah polisi yang humanis tapi tegas," kata Bambang saat memberikan sambutan dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Brimob Polri ke-63 di Markas Komando Brimob, Kelapa Dua, Jawa Barat, Jumat 14 November 2008.

Tantangan polisi saat ini, kata dia, semakin berat dengan berbagai gangguan ketertiban dan keamananan masyarakat. Diantaranya, konflik horizontal antar kelompok masyarakat dan konflik vertikal yang mengarah ke tindakan separatisme dan terorisme.

"Polisi, khususnya Brimob harus persiapkan kekuatannya untuk menangani berbagai hal itu," tambahnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan tugas polisi dalam mengamankan Pemilihan Umum 2009. Kepercayaan masyaraskat, kata dia, harus dijawab polisi dengan menciptakan rasa aman agar rakyat bisa menggunakan hak pilihnya. "Oleh karena itu, setiap persiapan pengamanan pemilu harus mengedepankan proaktif," tambahnya.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024