Video Game

Penjualan Oktober Naik 18%

Menurut data perusahaan riset pasar NPD Group, meskipun dilanda krisis finansial tetapi penjualan game, terutama di Amerika Serikat tetap tinggi. Dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu, penjualan video game dan konsolnya naik 18 persen.

Penjualan hardware naik 5 persen dari 494,7 juta dolar yang sebagian besar merupakan kontribusi dari Wii. Konsol game buatan Nintendo itu merupakan konsol terlaris dan berhasil terjual 803 ribu unit di bulan Oktober. Penjualan meningkat 116 ribu unit dibanding September. Meski sempat mengalami kelangkaan, secara keseluruhan Nintendo Wii telah terjual lebih dari 13 juta unit sejak dirilis November 2006.

Xbox 360 dari Microsoft ada di posisi kedua. Penjualan konsol game tersebut selama bulan Oktober mencapai 371 ribu unit. Meningkat sekitar 7 persen dibandingkan penjualan bulan sebelumnya. Padahal di bulan September itu Microsoft sempat memangkas harga produknya. Di posisi ketiga, PlayStation 3 milik Sony berhasil terjual sebanyak 190 ribu unit. Dibanding bulan sebelumnya, kenaikannya cukup besar, mencapai 18,2 persen.

Dari sisi software, masih menurut data NPD Group, penjualan meningkat sebesar 35 persen ke angka 696,8 juta dolar AS. Penjualan dipimpin oleh Fable II dari Microsoft yang laku sebanyak 790 ribu kopi. Di urutan kedua, game olahraga Wii Fit dari Nintendo laku terjual 487 ribu kopi.

Kenaikan penjualan game dan konsol game tidak diikuti oleh penjualan video game portabel. Di bidang ini, penjualan malah turun 14 persen. Industri video game, terutama di Amerika Serikat juga akan menghadapi musim liburan yang berat setelah bangkrutnya retailer terkemuka Circuit City dan goyangnya retail lain, yakni Best Buy.

Makin Panas, Hotman Paris Tantang Rocky Gerung Adu Jotos di Ring Tinju
VIVA Militer Letkol Inf Ardiansyah alias Raja Aibon Kogila

Sejarah Bakal Pecah, Besok Raja Aibon Kogila Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Kepada tongkat komandan itu diserahkan?

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024