Nasib Mantan PM Thailand yang Jadi Narapidana

Thaksin dan Istrinya Dikabarkan Telah Cerai

VIVAnews - Mantan Perdana Menteri (PM) Thailand, Thaksin Shinawatra dan istrinya, Khunying Pojaman, diberitakan telah bercerai. Menurut harian The Nation, Sabtu, 15 November 2008, seorang asisten Thaksin mengatakan bahwa Thaksin dan Pojaman memutuskan bercerai. Namun belum jelas, kapan mereka telah bercerai.

Keputusan tersebut diambil karena Pojaman tidak setuju dengan sikap Thaksin. Pasalnya, mantan PM berusia 59 tahun ini bersikukuh untuk meneruskan perlawanan atas pemerintah Thailand yang sedang berkuasa. Padahal Thailand kini diperintah oleh PM Somchai Wongsawat, yang tak lain adalah kakak iparnya.

Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia

Ini yang membuat Pojaman tidak nyaman. Pasangan yang telah menikah lebih dari 20 tahun tersebut selama ini berada di bawah tekanan politik. Kemarin, Thaksin dan Pojaman menampakkan diri di Konsulat Thailand di Hong Kong.

Sementara itu menurut harian Bangkok Post, salah seorang anggota parlemen Thailand dari Partai Kekuatan Rakyat, Sakda Kongpetch hari ini mengatakan bahwa Thaksin telah terbang menuju Dubai, Uni Emirat Arab. Dalam waktu dekat, Kongpetch akan segera mengunjungi Thaksin di negara yang tidak memiliki perjanjian ekstradisi dengan Thailand tersebut.

Kongpetch menyangkal rumor yang mengatakan bahwa Thaksin dan Pojaman telah bercerai. Ia menganggap bahwa pasangan Thaksin dan Pojaman tampak berbahagia selama mereka berada di Hong Kong. Juru bicara pribadi Thaksin juga menegaskan bahwa hal tersebut hanyalah rumor belaka.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Thaksin dijatuhi vonis dua tahun penjara dalam sidang Mahkamah Agung Thailand Oktober 2008 karena kasus korupsi yang dilakukan selama ia menjabat sebagai PM Thailand. Thaksin dan istrinya, yang lari ke Inggris sejak dikudeta oleh militer 2006, selanjutnya harus menghadapi kenyataan pahit.

Pemerintah Inggris menolak perpanjangan visa Thaksin dan istrinya dengan alasan Thaksin sudah berstatus narapidana. Beberapa negara, seperti Filipina, telah menyatakan akan menolak secara halus apabila Thaksin meminta suaka politik ke negara mereka.

Waspada! Buaya Masih Berkeliaran di Kolam Ikan Milik Warga Medan Labuhan
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

Detik-detik Pelaku Dugaan Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur Diamuk Massa

Saat hendak diamankan, massa yang geram sempat menghakimi pelaku berulang kali hingga babak belur. Bahkan polisi sempat dibuat kewalahan dengan banyaknay massa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024