Perdagangan Saham di Asia

Kabar Baik dari AS Membuat Indeks Menguat

VIVAnews - Indeks harga saham di sejumlah bursa utama Asia menguat di akhir perdagangan Jumat sore, 6 November 2009, menyusul penguatan di bursa Wall Street, New York pada Kamis kemarin. Penguatan diĀ  Wall Street terjadi berkat sejumlah data positif atas kondisi perekonomian Amerika Serikat (AS).

Bursa-bursa utama ditutup menguat dengan indeks Nikkei 225 naik 0,7 persen ke level 9.782 dan indeks Hang Seng (Hong Kong) menguat 1,7 persen ke level 21.841. Indeks Kospi (Korea Selatan) naik 1,1 persen ke level 1.569,50. Indeks di Australia, India, dan Singapura juga ditutup menguat.

Indeks saham Asia selama ini sangat sensitif terhadap pergerakan di AS, negara ekonomi terkuat di dunia dan merupakan mitra kunci bagi kawasan Asia. Pemicu pergerakan positif di bursa Wall Street kemarin adalah laporan dari pemerintah AS tentang menurunnya jumlah orang yang mendaftar untuk mendapatkan tunjangan pengangguran pada pekan lalu. Penurunan tersebut mencapai level terendah sejak Januari lalu.

Selain itu, sinyal mengenai meningkatnya penjualan ritel juga membantu mengurangi kekhawatiran investor akan kondisi daya beli konsumen AS.

Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten

"Itu berarti ekonomi benar-benar membaik, lebih baik dari yang dipikirkan orang-orang," kata Jackson Wong, wakil presiden Tanrich Securities di Hong Kong. "Jika kondisi AS baik, maka tiap orang akan baik-baik saja," katanya. Para investor kini menantikan laporan pengangguran di AS yang akan diumumkan akan Jumat ini.

Analis memperkirakan tingkat pengangguran di AS untuk bulan lalu naik 9,9 persen. Meski secara teknis perekonomian AS mulai naik pada triwulan ketiga tahun ini setelah merosot selama satu tahun, tingkat pengangguran meningkat.

Data pengangguran itu menjadi fokus utama karena berdampak besar pada sentimen nasional. Konsumen tampaknya menurunkan daya belinya sampai pengangguran tidak lagi bertambah. Ini berarti permintaan ekspor dari Asia dan kawasan lain ke AS menjadi lebih rendah. (AP)

Penumpang bus dari terminal Batoh, Banda Aceh. VIVA/Dani Randi

Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024

Pergerakan arus mudik hari raya Idul Fitri Tahun 2024 di Provinsi Aceh diprediksi mengalami peningkatan dibanding tahun lalu.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024