Ponsel Multifungsi

Ponsel untuk Buka Kunci dan Nyalakan Mesin

Nissan Motor, NTT Docomo, dan Sharp mengumumkan kerjasama mereka dalam membuat ponsel yang memiliki fungsi sebagai kunci serbaguna untuk kendaraan. Ponsel tersebut menggunakan teknologi Intelligent Key yang sudah diimplementasikan pada beberapa seri mobil buatan Nissan.

Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi

Sejak tahun 2002 sampai Agustus 2008, sudah sekitar 950 ribu sampai 1 juta unit kendaraan yang memiliki sistem Intelligent Key terjual di pasaran Jepang. Adapun sistem tersebut menggunakan teknologi komunikasi nirkabel dua arah yang mampu secara otomatis mengunci ataupun membuka kunci pintu serta menghidupkan dan mematikan mesin mobil. Tentunya cara manual seperti menggunakan kunci otomatis konvensional masih bisa digunakan.

Meski bukan barang baru, tetapi menurut riset yang dilakukan oleh Nissan, sampai September 2008 ini belum ada ponsel yang dilengkapi dengan kemampuan tersebut. Dengan berbekal semakin maraknya penggunaan telepon seluler, maka Nissan dan Sharp memutuskan untuk bekerjasama menggabungkan teknologi tersebut dalam sebuah perangkat. Tugas NTT Docomo sendiri adalah memastikan semua bekerja dengan bantuan jaringan nirkabel yang dimiliki.

Cekcok Hebat dan Bergumul di Kamar, Suami Sadis Ini Tega Bunuh Istri Pakai Obeng

Cara kerjanya, ketika mobil yang dilengkapi dengan sistem Intelligent Key mendeteksi bahwa ada kunci yang tepat berada di sekitarnya, maka sistem akan secara otomatis membuka kunci pintu dan memungkinkan mesin untuk dinyalakan. Mesin mobil sendiri tidak akan menyala sebelum ponselnya dibawa masuk oleh pemiliknya ke dalam mobil. Dengan bantuan sinyal NTT Docomo, ponsel tersebut tidak harus berada dalam genggaman pengguna. Sistem dapat bekerja secara otomatis meskipun ponsel ada di kantong atau tas pengguna. Jika penggunanya menginginkan, ponsel itu juga bisa berfungsi seperti remote key biasa.

Nissan, Docomo, dan Sharp akan mendemonstrasikan ponsel yang memiliki fitur Intelligent Key ini di pameran CEATEC (Combined Exhibition of Advanced Technologies) Japan 2008, yang akan dibuka pada 30 September ini. Ketiga perusahaan yang bekerjasama itu berharap dapat meluncurkan produk inovasinya di awal tahun 2009.

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!
bantuan untuk warga Gaza

Meski Negaranya Tengah Dilanda Aksi Terorisme, Rusia Tetap Kirim 29 Ton Bantuan ke Gaza

Meski tengah berduka, Rusia mengatakan pihaknya tetap mengirimkan lebih dari 29 ton bantuan kemanusiaan ke pada warga Palestina di Jalur Gaza yang tengah dilanda perang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024