Jepang Dipastikan Alami Resesi Ekonomi

VIVAnews - Jepang, negara ekonomi terkuat kedua di dunia, telah memasuki resesi. Ini merupakan kali pertama Jepang mengalami resesi dalam tujuh tahun terakhir. Demikian dinyatakan pejabat pemerintah Jepang, Senin, 17 November 2008, seperti dikutip dari stasiun televisi CNN.

Pejabat kabinet menyatakan bahwa perekonomian Jepang, berdasarkan produk domestik bruto (GDP), jatuh lagi sebanyak 0,1 persen di kuartal ketiga. Sebelumnya, GDP Jepang merosot 0,3 persen di kuartal kedua. Produk domestik bruto Jepang tahun ini jatuh sebanyak 0,4 persen.

Saham di indeks-indeks mayor di seluruh dunia mengalami kemerosotan dalam dua bulan terakhir. Bursa saham Rusia kehilangan nilainya sebesar 65,5 persen sejak awal tahun. Demikian pula yang dialami saham-saham di bursa Jepang dan Amerika Serikat yang masing-masing jatuh sebanyak 42 persen dan 33 persen.

Jumat pekan lalu, Uni Eropa telah mengumumkan bahwa 15 negara anggota Uni Eropa resmi berada dalam resesi karena produk domestik bruto berkurang sebanyak 0,2 persen dalam kuartal kedua.

Pengumuman Jepang tentang resesi memang telah diperkirakan. Salah satu penyebabnya adalah terus menguatnya nilai mata uang yen terhadap dolar.

Nilai yen meroket dalam beberapa pekan terakhir akibat gejolak pasar keuangan dunia dan kekhawatiran akan resesi global. Ini berdampak nilai mata uang dolar Amerika Serikat (AS) dan yen naik turun karena dianggap sebagai simpanan aman oleh para investor.

Karena Jepang adalah negara eksportir besar, yen yang nilainya menguat akan mengurangi laba. Itu karena penjualan di luar negeri harus dikonversikan ke nilai tukar yen.

Semakin meningkatnya nilai yen, maka semakin buruk pasar saham Jepang, seperti yang telah terjadi di Eropa dan AS. Maka tak heran bila indeks harga saham Nikkei di bursa Tokyo jatuh 1,30 persen di awal perdagangan Senin, 17 November 2008.

Ungkapan Airlangga Hartarto Kalau Golkar Bangga Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024
Gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes

Pemain Ini Cocok Gabung Man City, Kata Aguero

Sergio Aguero memberi masukan kepada gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes. Dia memberi saran agar pemain asal Brasil itu pindah ke Manchester City.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024