Massa Gertak Serbu Kantor Bupati

SURABAYA POST - Massa Gerakan Rakyat Anti Korupsi (Gertak) Nganjuk menyerbu Kantor Bupati setempat menuntut penangkapan calo rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS), Selasa 10 November 2009 siang.

Di pendapa kabupaten, mereka menuntut bertemu bupati. Namun Bupati Taufikurrohman sempat keluar kantor sebelum massa datang. Akhirnya demonstran ditemui Sekretaris Daerah, Drs Sumarlan, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), M. Gufron, didampingi Kapolres AKBP Sulistyandri Atmoko.

Dalam pertemuan itu juru bicara Gertak, Joko Sabdono, menerangkan munculnya calo yang menjual jatah kursi CPNS di Pemkab Nganjuk. Tarif jual beli jatah CPNS itu untuk sarjana Rp 150 juta, D2 Rp 100 juta dan SMA Rp 80 juta. ”Data ini saya peroleh dari investigasi dari pendaftar yang ditawari calo,” kata Joko.

Bahkan dia berani menuding koordinator para calo adalah pejabat Pemkab yaitu Kepala Seksi Data dan Undang-undang BKD, Wajito. ”Kami minta bupati berani membersihkan calo pejabat dan menindaknya,” sergah Joko.

Mendengar tudingan itu Sekda dan Kepala BKS langsung memanggil Wajito untuk dikonfrontasi dengan jubir Gertak soal tudingan itu. Setelah Wajito hadir dia menyangkal tuduhan itu. ”Itu hanya isu. Jangan menuduh orang hanya berdasarkan isu.

Harus ada bukti yang bisa menunjukkan bahwa saya benar-benar menjadi calo CPNS,” jawab Wajito. Sunarji, anggota Gertak lainnya ngotot tetap menuding Wajito bertindak sebagai calon CPNS. ”Saya sudah investigasi ke pendaftar yang ditawari makelar, mereka menyebut nama Wajito sebagai penjaminnya,” katanya.

”Saya punya bukti yang akan saya serahkan nanti,” sambungnya.
Sekali lagi Wajito menjelaskan, omongan calo yang menyebut namanya tidak bisa langsung dianggap benar sebab bisa saja namanya dicatut.

Di akhir pertemuan, Sekda Sumarlan, berjanji menyelidiki masalah ini dengan menelusurinya. Dia meminta bukti dari Gertak diberikan kalau ada. ”Kami ingin rekrutmen ini bersih agar pegawai yang diterima juga bersih dari korup,” pungkasnya.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

Laporan: Rony Kurniawan | Surabaya Post

Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024