Tutup Usia Begitu Mendarat di Tanah Suci

VIVAnews -- Nenek Aminah bin Amat (66) salah seorang jemaah haji dari Kalsel ini tidak menyangka langkahnya ke tanah suci menunaikan rukun Islam kelima merupakan langkah terakhirnya. Pelepasan keluarganya dalam acara "walimatussafar" di kampungnya di Landasan Ulin, Banjar Baru, rupanya merupakan pelepasan terakhir bagi almarhumah.

Nenek Aminah yang tergabung dalam kloter BDJ-14, merupakan jemaah asal Kalsel pertama yang tutup usia dalam rangkaian melaksanakan ibadah yang diwajibkan bagi mereka yang mampu. Mampu dari segi finansial, kesehatan melaksanakan ibadah haji selama di tanah suci. Ternyata, Sang Khalik berkehendak lain. Nenek Sitti Aminah dipanggi-Nya, sebelum melaksanakan prosesi puncak ibadah haji, wukuf di Arafah.

Menurut informasi yang dilansir situs "kalsel depag go.id" yang dikutip Selasa (10/11), Nenek Aminah tutup usia setibanya di bandara internasional King Abdul Azis Jeddah. Sayang tidak dijelaskan dengan rinci. "Almarhumah meninggal dunia beberapa saat setelah tiba di bandara internasional King Abdul Aziz Jeddah," jelas Kasub TU PPIH Kalsel, Hidayaturrahman.

"Wafatnya, saat di Bandara King Abdul Aziz Daker Jeddah pukul 4.20 WAS atau pukul 23.20 Wita. Penyebabnya, karena serangan jantung," ujar Dayat, demikian Kabag TU PPIH yang juga Kasubag Humas Kanwil Depag Kalsel.

Jemaah ini diketahui pemegang nomor porsi 1900018917. Wanita tergolong "manula" ini tercatat sebagai warga Kabun Desa, Pagat RT 09/03 kecamatan Pagat, Batu Benawa, Hulu Sungai Tengah. Kloter BDJ-14, meninggalkan bandara Syamsuddin Noor Banjar Baru, Senin (9/11) pukul 19.17 WITA. Pemakaman Siti Hawa, dipilih sebagai tempat peristirahatan terakhir bagi nenek asal Pagat, Barabai itu.

Berdasarkan data Siskohat Depag Pusat, almarhum Sitti Aminah bin Amat merupakan salah seorang dari 26 jemaah Indonesia yang tutup usia sebelum prosesi puncak wukuf di Arafah.

Mau Lebaran, Dua Kepala Sekolah Malah Jadi Tersangka Korupsi PPPK di Langkat
Stefano Pioli dan para pemain AC Milan

AC Milan Jangan Gegabah Ganti Pioli dengan Conte

Masa depan Stefano Pioli bersama AC Milan masih belum ada kejelasan. Sempat beredar kabar jika dia takkan lagi menjadi pelatih di musim depan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024