Stoner Ungkap Pemicu Kecelakaan GP Valencia

VIVAnews - Pembalap Ducati, Casey Stoner akhirnya angkat bicara mengenai kecelakaan yang menimpa dirinya pada GP Valencia, beberapa waktu lalu. Kecelakaan ini membuatnya gagal melanjutkan lomba.

Stoner harus mengubur impiannya untuk menjuarai seri penutup Moto GP musim ini. Pembalap Australia itu gagal melanjutkan lomba setelah tejatuh saat melakukan pemanasan. Padahal dalam lomba ini, Stoner sukses meraih pole position.

Setelah sempat bungkam, Stoner akhirnya mengungkap latar belakang kecelakaan tersebut. Menurut penyandang gelar juara dunia Moto GP 2007 itu, temperatrur ban belakang merupakan biang kerok kegagalannya pada GP Valencia.

"Saya hanya sedikit menarik gas dan motor langsung melesat, tidak seperti yang pernah saya alami sebelumnya," tutur Stoner seperti dilaporkan laman Motorcyclenews.

Stoner sendiri sempat bingung mencari penyebab kecelakaan yang menimpanya. Namun ia membantah telah melakukan kesalahan yang seperti dugaan pertamanya.

"Saya mungkin salah satu pembalap yang paling hati-hati pada putaran pemanasan. Saya selalu berusaha keras memanaskan ban untuk memulai perlombaan, tapi saya juga tidak dapat mencegah terjadinya kecelakaan," tutur pembalap 24 tahun ini.

Pada balapan pekan lalu, Stoner menyiapkan dua strategi. Dia memulai lomba dengan motor utamanya dan membatasi kecepatan saat pemanasan untuk menghemat bahan bakar. Tetapi suhu sedingin 19 derajat Celsius dan berangin membuat ban belakang kurang panas sehingga tidak dapat mencengkeram secara optimal.

Strategi kedua, Stoner dan beberapa pembalap MotoGP akan menggunakan motor cadangan dengan ban belakang baru saat pemanasan. Pembalap kemudian akan beralih ke motor lain pada lap kedua. Sedangkan ban dari motor cadangan dipindahkan ke motor utama.

"Lain kali, saya mungkin lebih beruntung dengan strategi ini, saya juga akan memperbaiki kesalahan kemarin dan menambah upaya selama pemanasan untuk mencapai suhu ban yang tepat," pungkas Stoner.

Kecelakaan telah membuat Stoner mengubur ambisinya untuk meraih tiga kemenangan berturut-turut. Pada GP Valencia, gelar juara akhirnya diraih oleh pembalap Honda Repsol, Dani Pedrosa.
 

5 Angkatan Laut Terkuat di Dunia, Peringkat Indonesia Tak Main-main!
Lintasarta

Lintasarta Perkuat Infrastruktur Jaringan Selama Puncak Mudik dan Lebaran 2024

Melewati puncak mudik hingga Lebaran, para pelanggan Lintasarta yang sebagian besar dari sektor business to business (B2B) diharuskan sigap menghadapi lonjakan trafiknya.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024