Gempa Sumatera Barat

Padang Siapkan Bangunan Rumah Diatas Air

VIVAnews -- Sebanyak 150 unit rumah terapung di atas Danau Maninjau akan dibangun untuk merelokasi warga Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Agam, Sumatera Barat, yang merupakan korban gempa.

Relokasi dilakukan berdasarkan desakan tim geologi yang menyatakan bahwa lokasi tersebut tidak layak huni dan berpotensi menjadi kuburan massal.

Cekcok Hebat dan Bergumul di Kamar, Suami Sadis Ini Tega Bunuh Istri Pakai Obeng

Menurut Bupati Agam Aristo Munandar, pemerintah daerah yakin konsep 'negeri atas air' ini akan menjadi alternatif bagi warga Tanjung sani yang saat ini mengungsi di Sungai Batang.

"Karena konsepnya menjaga dan memperbaiki lingkungan danau (Maninjau) kita optimis konsep ini bisa ditindaklanjuti secepatnya," ujar Bupati Agam Aristo Munandar.

Menurut Aristo, pihaknya akan bekerjasama dengan alumni Institut Tekhnologi Bandung (ITB) untuk menyiapkan dan mengkaji realisasi pembangunan rumah terapung.

Pembangunan rumah terapung ini nantinya juga dirancang memperbaiki kondisi petani keramba yang berada di sekitar danau. "Konsep ini paling tidak membantu warga agar tidak terlalu jauh berada di tanah ulayat miliknya," kata Aristo.

Pasca gempa 7,9 Skala Richter yang mengguncang Sumbar akhir September lalu membuat sekitar 1.000 kepala keluarga (kk) di nagari Tanjung Sani dan Bayur terpaksa mengungsi dari rumah mereka. Tim ahli geologi menyatakan lokasi rumah mereka masuk kawasan zona merah dan rentan terhadap bahaya longsor.

Saat ini, sekitar 564 KK mengungsi di tenda-tenda darurat di nagari Sungai Batang, di sepanjang Danau Maninjau. Sedangkan sejumlah KK telah eksodus ke sejumlah daerah seperti Pekanbaru dan Jakarta.

Rencana anggaran pembangunan rumah terapung ini sedang dipersiapkan dan diajukan ke pemerintah pusat. "Dananya direncanakan share dengan pemerintah pusat," ujar Aristo.

Proyek ini diusulkan mantan Ketua Walhi Zukri Saad, alumni ITB. Presentasi awal yang dilakukaan Zukri Saad, menurut Aristo, menjanjikan dan bisa diterima masyarakat yang akan direlokasi.

Laporan: Eri Naldi | Padang

(Tengah) Anggota Komisi C DPRD DKI, Esti Arimi Putri

Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi

Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta, Esti Arimi Putri menilai pentingnya upaya pemberdayaan daya beli terhadap semua golongan demi mengendalikan inflasi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024