Gubernur DKI Tolak Kenaikan Tarif Air Minum

VIVAnews - Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta Fauzi Bowo menolak permintaan kenaikan tarif air yang diajukan oleh dua operator mitra PAM Jaya, yakni PT Aetra dan PT Palyja, Senin 16 November 2009.

“Kami tidak akan meloloskan permintaan kenaikan itu selama tingkat pelayanan yang diberikan masih rendah,” kata Fauzi di Balaikota DKI Jakarta.

Fauzi memastikan pemerintah tidak akan menaikan tarif air minum sampai 2012  atau dimana proyek pipanisasi air bersih dari Waduk Jatiluhur langsung ke Jakarta tuntas.

Nah, setelah proyek pipanisasi selesai dan air dapat langsung mengalir langsung dari Jatiluhur ke Jakarta, diharapkan tarif air makin terjangkau masyarakat.

Mengapa bisa murah, karena air akan langsung diolah di Jatiluhur. Dan ketika sampai sampai ke operator yang berada di Jakarta, air ini sudah dalam keadaan bersih sehingga langsung bisa didistribusikan ke pelanggan.

Studi kelayakan proyek pipanisasi senilai Rp 3 triliun itu rencananya dimulai di awal 2010.

Sementara itu, Direktur Teknis PD PAM Jaya Sri Widayanto mengakui tarif air di Jakarta memang rendah. “57 % atau 500.000 pelanggan berada pada tarif rendah hingga menengah dengan rata-rata pengenaan tarif kurang lebih Rp 3.275,” katanya.

Kalaupun harga yang dijual oleh penjual air gerobak lebih tinggi dari Rp 3.275, itu lebih karena memperhitungkan tambahan biaya operasional, biaya antar dan keuntungan penjual.

Sri Widayanto pun menilai belum layaknya kenaikan tarif air minum karena masih banyak warga yang belum terlayani air bersih.

Manager Pelayanan dan Humas PD PAM Jaya Teguh Suhartono menambahkan sekarang ini baru 63 % masyarakat Jakarta yang terlayani jaringan pipa dan hidran umum.

Sementara sisa 37 % pelanggan dilayani dengan kios air. Kios air berupa tangki tandon yang ditempatkan PAM Jaya setiap dua hari sekali di daerah yang tidak terjangkau jaringan pipa. Kios air ini baru terdapat di 40 lokasi di Jakarta.

”Keberadaannya hanya mengurangi sekitar 5 % dari total pelanggan yang belum terlayani,” ujarnya.

Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 
Prabowo Subianto tiba di Malaysia.

Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian

Menurut Sekjen AMMI Arip Nurahman, langkah dilakukan Prabowo ini, agar menjaga situasi tetap kondusif serta menghindari terjadinya perpecahan diantara sesama anak bangsa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024